Home
Kitab Shahih Mazhab Syi'ah PDF Cetak E-mail
 
Dalam pencarian di literatur syi’ah, ternyata kita menemukan adanya pernyataan dari ulama syi’ah tentang kitab syi’ah yang seluruh isinya shahih. Lalu mana yang benar? Ada kitab shahih atau tidak ada?
Kitab yang paling valid dalam mazhab syi’ah adalah kitab Al Kafi yang disusun oleh Al Kulaini, yang menyatakan dalam pengantar kitabnya : saya katakan kamu ingin memiliki kitab yang  lengkap, berisi ajaran ilmu agama yang lengkap bagi pelajar dan dijadikan rujukan bagi mereka yang ingin mencari petunjuk, menjadi referensi bagi mereka yang ingin mencari ilmu agama dan mengamalkannya dengan riwayat yang shahih dari orang-orang jujur [pengantar Al Kafi hal 7].

Sementara itu Ali Akbar Al Ghifari, pentahqiq kitab Al Kafi menyatakan: mazhab Imamiyah sepakat bahwa seluruh isi kitab Al Kafi adalah shahih.

Sementara Abdul Husein Syarafuddin Al Musawi dalam kitab Al Muraja’at [edisi bahasa Indonesia berjudul Dialog Sunnah Syi’ah, terbitan Mizan] menegaskan: yang terbaik dari yang dibukukan adalah empat kitab yang merupakan pegangan mazhab Imamiyah dalam masalah ushul maupun furu’ sejak jaman pertama hingga masa kini, yaitu kitab Al Kafi, Tahdzib, Al Istibshar dan Man La Yahdhuruhul Faqih, semua isinya adalah mutawatir dan dipastikan status keshahihannya, dan Al Kafi adalah yang paling terdahulu, paling hebat, paling bagus [Muraja’ah no 110] Edisi Dar Shadiq Beirut.

Setelah memuji empat kitab di atas, Al Faidh Al Kasyani mengatakan: Al Kafi adalah yang paling mulia, paling hebat, paling valid, paling sempurna dan paling lengkap. Muqaddimah Kitab Al Kafi halaman 9, padahal dia juga mengakui bahwa Al Majlisi menganggap kebanyakan riwayat yang ada dalam kitab Al Kafi adalah tidak shahih.

Sementara An Nuri At Thabrasi mengatakan: posisi Al Kafi di antara empat kitab adalah bagaikan matahari dibandingkan dengan bintang-bintang yang ada di langit, jika orang yang bersifat objektif menelaah kitab Al Kafi, maka dia tidak perlu lagi meneliti validitas perawi yang ada dalam kitab itu, dan akan segera percaya bahwa isi kitab itu adalah shahih dan valid. Lihat Mustadrak Al Wasa’il jilid 3 hal 532

Al Hurr Al Amili mengatakan: kesimpulan ke enam mengenai validitas penulisan kitab ini dan kitab ini benar-benar ditulis oleh Al Kulaini, juga riwayat-riwayat yang ada di dalamnya adalah benar berasal dari para imam alaihimussalam. Lihat di Khatimatul Wasa’il hal 61.

Sementara Agho Barzak mengatakan : Al Kafi adalah kitab yang terbaik dari empat kitab yang dijadikan pegangan bagi mazhab syi’ah. Tidak pernah ada kitab riwayat dari keluarga Nabi yang menyamai Al Kafi. Ad Dzari’ah ila tashanifi Asy Syi’ah jilid 17 hal 245

Sementara Abbas Al Qummi menyatakan: Al Kafi adalah kitab yang terbaik dalam Islam, kitab syi’ah yang terbaik yang tidak pernah ada lagi kitab syi’ah yang seperti itu, Muhammad Amin Al Istrabadi menyatakan: kami mendengar dari para guru dan ulama kami bahwa tidak ada kitab dalam Islam yang menyamai atau mendekati Al kafi. Al Kuna wal Alqab jilid 3 hal 98.

Syaikh Muhammad Shadiq As Shadr dalam kitab Asy Syi’ah halaman 122 menyatakan : dikisahkan bahwa kitab Al Kafi ditunjukkan pada Imam Mahdi lalu beliau menyatakan: kitab ini cukup bagi syi’ah kami.

Penegasan ulama syi’ah yang kita tuliskan di atas bertolak belakang dengan ucapan syi’ah hari ini, baik ulama maupun kawan-kawan syi’ah di sekitar kita. Barangkali pembaca bingung menghadapi dua hal yang berlawanan: pernyataan tidak ada kitab riwayat syi’ah yang seluruh isinya shahih, dan pernyataan bahwa isi kitab Al Kafi dan tiga kitab lainnya adalah shahih, bahkan mutawatir. Lalu mana yang benar? Pernyataan teman-teman syi’ah hari ini atau pernyataan ulama syi’ah yang kami nukilkan di atas? Jika pembaca bingung, maka saya pun berhak untuk bingung juga.
 
Tetapi kebingungan kita akan hilang jika kita mau menyadari bahwa pernyataan tentang validitas kitab Al Kafi dan ketiga kitab lainnya muncul dari ulama syi’ah yang memiliki kredibilitas yang tidak main-main, misalnya Abdul Husein Syarafudin Al Musawi yang menulis buku yang berjudul Al Murajaat, yang terjemahnya berjudul Dialog Sunnah Syi’ah. Buku ini direkomendasikan oleh syi’ah di seluruh dunia, yang mana konon isinya adalah dialog antara Abdul Husein dan Syeikh Salim Al Bisyri, tentang mazhab syi’ah, di mana Abdul Husein menerangkan tentang mazhab syi’ah dan menepis tuduhan-tuduhan yang ada. Jika memang Abdul Husein keliru dalam pernyataannya maka sudah tentu buku Al Murajaat tidak diedarkan sedemikian banyak ke seluruh dunia dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Begitu pula ulama lainnya yang merekomendasikan Al Kafi sebagai kitab yang valid.
 
Tapi kita jadi ragu lagi, karena teman-teman syi’ah bakal menjawab bahwa ada ulama syi’ah yang mengevaluasi lagi kitab Al Kafi seperti Al Majlisi yang menyatakan bahwa kebanyakan riwayat yang ada dalam Al Kafi adalah tidak shahih. Dan yang meneliti validitas kitab Al Kafi bukan hanya Al Majlisi saja.
 
Jika pembaca bingung, saya sendiri ikut bingung, karena ulama syi’ah sendiri berbeda pendapat tentang validitas kitabnya sendiri. Artinya validitas kitab Al Kafi sendiri masih menjadi perdebatan. Tetapi apakah Abdul Husein tidak mengetahui kritik Al Majlisi terhadap kitab Al Kafi?
Lalu bagaimana dengan pernyataan Al Kulaini bahwa kitab Al Kafi yang ditulisnya adalah shahih dan kitabnya itu menjadi pedoman bagi  syi’ah, dan diriwayatkan oleh orang-orang jujur? Sudah pasti Al Kulaini benar-benar tahu apa yang ditulisnya.
 
Jika beralasan ada perbedaan definisi shahih antara Kulaini dan ulama lain yang mengkritiknya, maka definisi shahih yang dianut oleh Kulaini lebih valid karena Kulaini sendiri hidup pada masa Al Ghaibah As Sughra, yaitu masa di mana masih ada empat orang wakil yang bisa berhubungan langsung dengan imam Mahdi. Maka sangat dimungkinkan Kulaini telah “berkonsultasi” dengan imam Mahdi melalui wakilnya. Apalagi ada kisah yang telah dikutip di atas bahwa imam Mahdi sendiri telah menelaah kitab Al Kafi dan merekomendasikannya sebagai kitab rujukan bagi syi’ah.  Di mana ulama syiah lainnya yang mengkritik Al Kafi sudah tidak mungkin lagi berkonsultasi dengan imam Mahdi karena mereka hidup pada era Ghaibah Kubra, yaitu masa di mana tidak ada lagi wakil yang empat bagi imam Mahdi. Sebagai perbandingan kita sebutkan di sini bahwa Al Hulli hidup pada abad ke 7 Hijriyah –sezaman dengan Ibnu Taimiyah- ,  juga Zainuddin Al Amili yang wafat tahun 965 Hijriyah, Apalagi Al Majlisi, Al Mamaqani dan ulama yang hidup hari ini.

Kita tinggalkan saja perbincangan mengenai validitas Al Kafi, mari kita menengok ke sebagian judul bab yang ada dalamnya, dari judul bab itu kita bisa tahu sekilas isi kitab Al Kafi yang menjadi rujukan utama bagi syi’ah. Dengan mengetahui rujukan mazhab tertentu kita bisa mengetahui isi ajaran mazhab itu, maka bisa dikatakan bahwa dengan mengetahui isi kitab Al Kafi kita bisa mengetahui isi ajaran syi’ah.

Bab Wajib taat pada para imam.

Bab para imam adalah pembawa petunjuk.

Bab para imam adalah pembawa perintah Allah dan penyimpan ilmuNya.

Bab Para imam adalah cahaya Allah.

Bab para imam adalah tiang bumi.

Bab bahwa ayat yang disebutkan oleh Allah dalam kitabNya adalah para imam.

Bab bahwa ahli dzikir yang diperintahkan bagi manusia untuk bertanya pada mereka adalah para ima.

Bab bahwa orang yang diberikan ilmu yang disebutkan dalam Al Qur’an adalah para imam.

Bab bahwa orang yang dalam ilmunya adalah para imam.

Bab bahwa Al Qur’an menunjukkan pada imam.

Bab para imam mewarisi ilmu Nabi Muhammad dan seluruh Nabi dan washi sebelumnya.

Bab para imam memiliki seluruh kitab suci yang diturunkan oleh Allah.

Bab tidak ada yang mengumpulkan Al Qur’an yang lengkap selain para imam, dan mereka mengetahui ilmu Al Qur’an seluruhnya.

Bab para imam memiliki mukjizat para Nabi.

Bab para imam memiliki senjata dan barang-barang peninggalan Nabi.

Bab jumlah para imam bertambah pada malam jum’at.

Bab para imam jika mereka ingin mengetahui sesuatu mereka akan mengetahuinya.

Bab bahwa para imam mengetahui kapan mereka mati, mereka hanya mati saat mereka berkehendak.

Bab para imam akan memberitahukan rahasia orang walaupun mereka tidak diberitahu.
Bab bumi dan seisinya adalah milik para imam.

Bab para imam mengetahui seluruh ilmu yang diberikan pada malaikat, Nabi dan Rasulullah Alaihissalam.

Bab Para imam mengetahui apa yang telah terjadi dan apa yang belum terjadi, tidak ada yang tidak mereka ketahui.
 
 



Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 32 of 32 comments

1. 26-11-2008 00:51

"Mohon beri tahu rujukan/buku2 syiah?"
Assalamu'alaikum. 
Ana saat ini kuliah di usu, ana mohon bantuannya antum! Di perpustakaan usu,banyak sekali buku2 terbaru agama islam, tapi sayangnya banyak yang meragukan dan ini mengkhawatirkan bagi umat islam lainnnya.sepertinya buku2 tsb adalah buku2 syiah. Misalnya buku2 dr penerbit alhuda,citra, dan masih bbrp lagi buku/tafsir yang bersumber dari iran langsung ataupun terjemahannya. Untuk mjaga aqidah, ana mhn bantuan antum dr bbrp hal brkt : 
1. Apakh antum tahu penerbit apa aja di indonesia yang identik dgn syiah? 
2.Siapa aja tokoh2 syiah di indo dan ulama2 syiah? 
3. Mohon sbtkan,jika antum mengetahui apa tafsir qur'an bg syiah?krn disini edisi lengkap ada tafsir qur,an dr iran. 
Beberapa jwbn yang antum berikan akan sgt bmanfaat, karena jika ana sudah yakin akan berusaha untuk menulisnya di blog ikhwan2 usu.. 
Jazakallahu khoir ya.. 
 
MrShiaa: 
Terimakasih telah membubuhkan komentar, 
penerbit syiah sangat banyak, seperti Mizan, Lentera, Cahaya, Rosdakarya, dastanbook, pustaka zahra, dan lain-lain. 
 
tokoh syiah di indonesia sangat banyak, di antaranya Jalaludin Rahmat, Dimitri Mahayana, Emha Ainun Najib, dan tokoh lainnya, ini saja yang saya ingat sekarang. 
 
tafsir Al Qur'an di syiah sangat banyak, di antaranya tafsir al mizan, tafsir al qummi, tafsir majma'ul bayan, dan tafsir lainnya, sangat banyak dan saya tidak ingat seluruhnya.  
 
rizki albinjy

2. 05-12-2008 09:47

Salam
Ane heran knp kalian bisa berkomentar seperti itu kepada umat Syiah padahal ente belum pernah bertanya secara langsung kepada ulama-ulama Syiah tentang hal2 yang dituduhkan. Oya, photo-photonya menarik banget. Terutama photo Rahbar kami yang ente katakan curhat atau pengakuan dosa. 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya,  
 
apakah anda tidak melihat judul buku dan nomor halaman yang ada di referensi?
Yoyo Waluyo

3. 08-12-2008 07:00

baca aja deh buku dialog sunnah-syiah
sayakan udah baca tuh buku dialog sunnah-syiah,tapi setelah lihat artikelnya mas tuh masih banyak terjadi kesalahpahaman,kalu mau baca aja dulu buku dialog sunnah-syiah,buku itu sudah lengkap referensinya,dan semua referensinyapun diambil dari ahlu sunnah sendiri.aku juga mau nanya kenapa salawat dalam shalat ahlusunnah itu juga bersalawat kepada keluarga nabi bukan kepada sahabat nabi? 
 
MrShiaa: 
dialog yang ada di buku sunnah syiah adalah dialog fiktif yang tidak nyata. 
juga isi buku itu memuat banyak kekeliruan dan penipuan. 
saya heran mengapa anda mau ditipu.  
Insya Allah kami berniat membongkar penipuan kitab tersebut, doakan saja.
agus

4. 10-12-2008 14:36

orang awam.
Alhamdulillah, site ini banyak membantu saya untuk mengetahui syiah yang sebenarnya karena memakai kitab syiah sendiri. Dan saya yakin haji abdullah dan mayoritas syi'i pada umumnya ngga punya kitab tersebut makanya kalau koment cuma marah-marah melulu. 
 
to mr.shiaa: Terus tulis artikelnya, Allah bersama kita. 
 
MrShiaa: 
terimakasih dukungannya, tolong saya terus diberi semangat dengan komen-komen seperti ini, karena saya hanya manusia biasa, bukan Nabi atau imam syiah yang maksum, juga perlu dukungan dan semangat. dukungan anda sangat bernilai bagi saya. 
 
frdxmailbox

5. 12-12-2008 09:14

Maju Terus hakekat.com
Sekedar ingin memberi dukungan dan terima kasihnya kepada hakekat didalam membongkar hal-hal yang tersembunyi dari Agama Syi'ah. Maju terus hakekat.com jangan sungkan-sungkan menyumbangkan tulisan agar umat Islam mengerti mana Agamanya kaum Muslim mana agama Syi'ah. 
 
Semoga shalawat serta salam tercurah kpd Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, keluarga dan para sahabatnya. 
 
MrShiaa: 
terimakasih banyak, saya sangat terharu membaca dukungan anda. tolong saya yang manusia biasa ini diberi dukungan walau sekedar berupa tulisan, ini sangat membantu saya. semoga Allah menguatkan kita semua dalam membela keluarga Nabi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Tangguh

6. 12-12-2008 09:14

Hidup ahlul bait
ngaca dl 
 
MrShiaa: 
jika anda tidak dapat menjawab lebih baik diam dan berpikir menggunakan pemberian Allah yang berharga: AKAL SEHAT
hizbullah

7. 15-12-2008 02:09

Sejauh mana anda mengenal Syi'ah?
saya terkesan melihat usaha anda membongka "kedok" Syia'ah.. kalau boleh saya tahu anda berguru pada siapa?? Ust. Thahir Al-Kaff yah? sungguh situs ini membuka mata hati saya mengenai kebutaan anda dalam menyikapi dialog terbuka dengan kaum Syi'ah sendiri.. hingga saat ini anda hanya menerima komen dari orang2 yg anti-syi'ah yg menelan opini anda tentang Syi'ah mentah-mentah.. bila anda berani mengargumentasikan opini anda,, kok tidak satupun saya melihat komentar orang Syi'ah dsini membela aqidah mereka kecuali ungkapan-ungkapan amarah mereka saja? saya minta bukti bukan foto-foto yang tidak bisa berbicara ini!!! 
 
MrShiaa: 
terimakasih atas komentar anda. mestinya daripada marah lebih baik anda mengomentari dan membela aqidah anda.  
selama ini tidak ada komentar yang saya ban, semua ditampilkan. terserah anda mau menafsirkan apa. 
saya hanya pernah dengar nama Tohir Al Kaff, tapi tidak pernah kenal orangnya.
Hamba Allah

8. 16-12-2008 12:39

Tentang Al-KAfi
Aslm 
 
Walaupun dalam beberapa argument para ulama syiah Al-Kafi ada yang bilang shahih or tidak, itu tidak lah menjadi suatu masalah Karena dalam hadis ada beberapa status seperti Mutawatir, ahsan, dhaif dan lain2.  
Kitab bisa dibilang Shahih selama kitab itu tidak bertentangan dengan Al-Quran dan Ahlulbait. Seperti yang ada pada Shahih Muslim "Berpegang teguhlah kalian kepada kedua pusaka niscaya kalian tidak akan tersesat YAITU AL-QURAN DAN AHLULBAITKU"(MUTAWATIR) 
 
Dan ini menjadi renuangan bagi kita semua, sebenarnya manakah yang benar, AL-QURAN N AHLULBAIT OR AL-QURAN N HADIS? sedangkan dalam 6 kitab Shahih Ahlusunnah tidak ada satupun sumber yang menyebutkan AL-QURAN N HADIS, kalaupun itu ada coba anda cek, apa statusnya? 
 
Semoga kita mau merenung dan berpikir tidak mengikuti ego dan emosi. 
 
Waslm 
 
MrShiaa: 
mohon maaf, anda tahunya Rasulullah SAAW memerintahkan untuk berpegang pada ahlulbait dari mana? bukannya dari hadits? jika hadits tidak boleh dijadikan pedoman, maka kita juga tidak perlu berpegang pada ahlulbait, karena tidak ada perintah dari hadits . 
 
anda bilang 
Seperti yang ada pada Shahih Muslim "Berpegang teguhlah kalian kepada kedua pusaka niscaya kalian tidak akan tersesat YAITU AL-QURAN DAN AHLULBAITKU"(MUTAWATIR) 
 
ini adalah hadits, karena kita tidak diperintahkan untuk berpegang pada hadits, maka tidak usah kita indahkan. inilah konsekuensi pernyataan anda. 
 
barangkali agak njelimet,Insya Allah akan kita bahas dalam makalah tersendiri.
Hasan

9. 25-12-2008 14:31

Hadis Keutaman AhlulBait
Aslm. 
 
Apakah anda berpegang kepada Ahlulbait or hanya mengambil sembarangan hadis yang anda tidak ketahui sahabat nabi seperti apa yang meriwayatkanya? dan ingat Rasulullah tidak pernah mengatakan bahwa smua sahabat akan masuk surga. 
 
Saya tidak mengatakan bahwa kita tidak berpegangan kepada hadis, hadis merupakan sbuah media untuk kita mengetahui risalah Rasulullah setelah Al-Qur'an, tp hadis diriwayatin oleh siapa? Kita tidak bisa berpegangan kepada hadis yang diriwayatkan oleh orang yang dilaknati oleh Allah dan Rasulnya bila hadis itu bertentangan dengan ushuludin dan furu'udin. Dan itulah fungsi dari Ahlulbait, yaitu untuk menjaga risalah Rasulullah SAW. 
 
Waslm. 
 
MrShiaa: 
terimakasih diskusinya, senang berdiskusi dengan orang berakhlak seperti anda. 
 
masalah sahabat Nabi tidak masuk sorga, jika Al Qur'an menyatakan demikian, apakah anda mau percaya? ingat, menyatakan sahabat Nabi masuk surga memiliki konsekuensi berat buat syiah. karena jika sahabat masuk sorga berarti imamah Ali tidak ada. tidak ada imamah Ali berarti mazhab syiah bubar. 
 
repotnya, kebanyakan hadits keutamaan ahlulbait tidak berasal dari sahabat yang direstui syiah. 
begitu juga ahlulbait penjaga agama, ternyata tidak menjalankan fungsinya dengan baik 
 
karena ahlulbait tidak memiliki sanad Al Qur'an, artinya tidak memiliki sanad Al Qur'an melalui jalan ahlulbait. 
 
begitu juga dalam lteratur syiah tidak ada hadits shahih dari Nabi yang tersambung sanadnya. tidak percaya? buktikan saja, tapi anda tidak akan bisa meneliti buku syiah, mengutip Al Qur'an saja anda keliru.
Hasan

10. 26-12-2008 14:06

Berpegang Kepada AhlulBait
Aslm. 
 
anda bilang, Shahih Muslim "Berpegang teguhlah kalian kepada kedua pusaka niscaya kalian tidak akan tersesat YAITU AL-QURAN DAN AHLULBAITKU"(MUTAWATIR),ini adalah hadis, karena kita tidak diperintahkan untuk berpegang pada hadits, maka tidak usah kita indahkan.  
 
Saya akan bertanya kepada anda, jika anda berpegang kepada Al-Qur'an dan hadis, apakah anda akan berpegang kepada AhlulBait Rasulullah, karena hadis Al-Qur'an dan AhlulBait ada dalam hadis? 
 
Waslm. 
 
MrShiaa: 
Loh yang bilang kita tidak perlu mengambil hadits adalah anda sendiri, 
sedangkan anda berdalil dengan hadits, ini kan lucu. 
 
berpegang pada ahlulbait tidak berarti mengangkat mereka jadi imam. wong Ali saja tidak pernah merasa diangkat jadi imam kok anda memaksa.
Hasan

11. 14-01-2009 16:52

riwayat hadis
assalamualaikum. 
 
menurut yang saya pelajari, syiah tidak memiliki kitab sahih, tetapi tetap ADA riwayat yang sahih. mungkin keberadaan kitab al kafi tersebut adalah membukukan hadis2 yg riwayatnya dianggap sahih oleh ahlul bait dengan alasan2 seperti yg sudah dicantumkan di artikel ini sendiri, untuk memudahkan pembelajaran orang akan hadis2 Syiah. dari seluruh bab yang dituliskan oleh anda di artikel ini, saya merasa semuanya memang benar kok. 
dan seperti komen2 saya sebelumnya (yang belum juga diapprove dan dimunculkan di artikel2 yg saya komentari) hadis itu kan melihat dari perawinya juga. bahwa kalau org2 yg meriwayatkan hadis ini terbukti pernah berbohong, berarti hadis tersebut bukanlah sahih. 
tentunya mungkin ada hadis2 yg dianggap sahih oleh Sunni yang juga paralel (sahih juga) dengan kepercayaan Syiah, tetapi berbeda perawi. nah, yang Syiah pakai itu yg sudah terbukti perawinya tidak pernah berbohong. inilah kenapa kitab sahih itu (setahu saya) tidak ada dalam Syiah, berdasarkan sebegitu banyaknya hadis yang memerlukan berulang ulang konfirmasi akan kejujuran perawinya. 
mengenai beberapa komentar terakhir, hadis yang juga diriwayatkan oleh Muslim bahwa: 'Nabi bersabda "Berpegang teguhlah kalian kepada kedua pusaka niscaya kalian tidak akan tersesat YAITU AL-QURAN DAN AHLULBAITKU"' adalah sahih bagi Sunni, yang dimana juga dianggap sahih oleh Syiah (diriwayatkan juga oleh org lain, akan saya cek nanti). 
yang kemudian dalih anda adalah; 
"wong Ali saja tidak pernah merasa diangkat jadi imam kok anda memaksa." 
nah komentar anda ini atas dalil apa ya? apakah ada hadisnya bahwa Ali menolak kepemimpinan? dan kalau memang adapun, kesahihan hadis tersebut bagaimana? 
 
dalam syiah sendiri sangat diharuskan untuk kaumnya untuk terus2an mencari tahu. bagaimana dengan anda? asal di cap sahih, anda akan menerimanya begitu saja? apakah benar hadis2 Sunni sendiri sudah melakukan CHECK dan RECHECK? 
 
wassalamualaikum. 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya, 
 
mengenai Ali yang tidak pernah diangkat jadi khalifah, justru saya yang heran karena anda yang syiah dan diharuskan mencari tahu mengapa bisa tidak tahu. dalil itu ada dalam kitab syiah sendiri. dan jika kita menggunakan logika, maka Ali mengkhianati wasiat Nabi karena sudah diangkat di ghadir khum tapi tidak mau merebut jabatan yang direbut orang, dan diam saja ketika orang lain menjabat imam, dan Ali ikut membaiat Abubakar, Umar dan Utsman. bukan begitu? 
 
komentar anda ini menunjukkan betapa dangkalnya pengetahuan anda terhadap hadits anda sendiri, karena memang dalam syiah tidak ada hadits shahih dari Nabi yang tersambung sanadnya. 
 
ini menimbulkan keraguan apakah mazhab syah itu termasuk islam atau tidak? karena jika memang termasuk islam maka sudah pasti mengikuti ucapan Nabi, yang mana riwayat shahih tidak terbukti ada dalam kitab syiah.  
 
hadits yang anda bilang dari shahih muslim ternyata setelah saya cek tidak ada, barangkali saya yang salah lihat, tapi tidak ada salahnya anda mengecek juga langsung ke shahih muslim.
ainie

12. 26-01-2009 12:33

Sdr
Artikel-artikel yang sangat bagus. 
Sebagian besarnya pernah saya baca sekitar 5 tahun lalu yaitu saat saya dan rekan saya diajak menemukan "kebenaran" dengan menjadi syiah imamiyah. Alhamdulillah, saya bisa lepas setelah hampir setahun mempelajari buku-buku syiah yang menjadi andalan syiah, misalnya; ..akhirnya kutemukan kebenaran, dialog sunni-syiah, 40 hadits khumaini, sholat mazhab ahlul bait dsb, dsb... 
lebih kurang setahun baru saya bisa menemukan banyak kedustaan-kedustaan syiah dalam mengutip referensi dalam berbagai bukunya, umumnya kutipan hadist dari kitab-kitab sunni ataupun tafsir ayat qur'an yang tidak masuk akal dipaksakan untuk melegitimasi 12 imam. yang paling parah buku syarafuddin al musawi "dialog sunni-syiah", referensi memang ditulis dari kitab sunni, tetapi banyak dusta dan penambahan bila kita merujuk ke kitab sunni aslinya. belum lagi hadits yang dikutip sebagian besarnya tidak shohih bagi ulama sunni sendiri. sayang saya tidak menuliskan perenungan dan pencarian saya sampai saya menyatakan "syiah itu agama yang dusta dan tidak masuk di akal". terlepas para syi'i tidak senang dengan komentar ini, bagi saya pribadi masalah syiah sudah selesai dan tutup buku. Tinggalkan mereka dengan khurofat dan tahayul serta filsafat mereka.... 
 
Bagi saudara-saudara yang ingin mencari pandangan ulama-ulama sunni tentang syiah, carilah kitab-kitab yang sangat bermanfaat tentang mereka ini, misalkan kitab-kitab ibnu taimiyyah, muhammad bin abdul wahhab dan banyak lagi. 
 
Juga ada beberapa buku karangan lokal yang bagus menurut saya, yang saya temukan misalkan "meluruskan pemahaman ttg hadits sihir" karya Al ustadz askary bin jamal al bugisi, yang membantah buku syiah "benarkah Nabi Muhammad pernah tersihir". cukup bagus dan juga menyebutkan kedustaan syiah dalam penukilan dan takwil. wallohua'lam. 
 
Teruskan pak, artikelnya sangat membantu mereka yang ingin perbandingan. Jangan takut dengan celaan dan debatan para syi'i kecuali yang membutuhkan nasehat dan kebenara.  
Dan yang paling penting, akhir dari segalanya, marilah kita lihat amalan-amalan syiah...sungguh isinya hanyalah ritual-ritual aneh dalam setahun (bayangkan lahir dan wafatnya 12 orang imam dalam setahun selalu diingat dan diperingati...), ritual-ritual yang penuh khurofat, dari kitab-kitab tanpa sanad karena syiah tidak mengenal sanad hadits, yang amalan-amalannya sebagian besar jauh dari amalan Rasululloh dan para shahabat di zamannya. bagi syiah, cukuplah perkataan imam sebagai dalil segala amalan...maka musibah di atas musibah... 
Semoga Alloh senantiasa melindungi kita dari perkara-perkara keburukan ini. 
 
Jazzakumullohu khoiron..... 
maaf ya, mungkin terlalu panjang.... 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya, semoga yang lain bisa sadar, anda perlu ikut berbuat sesuatu untuk menyadarkan yang lain. pasti anda ingin memiliki amal jariyah. mengapa tidak?
abdulaziz

13. 31-01-2009 05:01

kitab shahih mazhab syi'ah
sesungguhnya hadis2 yg beredar di kalangan orang banyak ada yg haqq dan ada yg bathil. yg benar dan bohong, yg muhkam dan yg mutasyabih. ada yg benar2 dihapal(dri Rasulullah SAW) dan ada pula yg hanya 'hasil angan2' orang. dan telah ada yg memalsukan ucapan beliau di masa hidupnya,shg beliau pernah menyatakan dlm seb.pidatony: ''Barang siapa membuat kbhongan mengenai aku,hendaknya ia bersiap-sia mendiami tempatnya di neraka..'' 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya,  
hadits memang ada yang benar dan ada yang tidak benar, maka ada ilmu penelitian hadits, yang tidak ada di syiah. buktinya, tidak ada hadits shahih yang bersambung sanadnya pada Nabi dalam kitab hadits syiah. 
cinta

14. 14-02-2009 15:34

Imam Ja'far
hadis2 yg dikeluarkan jelas dari Imam 12, 
pada jaman Imam Musa Al-Kadzim dan ayahnya Ja'far Sadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi thalib dan Ali adalah Sepupu, saudara, Menantuku Kata Rasul SAWW yang mana Ilmunya Berasal dari Rasulullah SAWW yang mendidiknya semenjak dia masih Kecil, terdapat 4000 lebih murid yang belajar dimadrasah beliau termasuk di dalamnya Abu Hanifa/imam hanafi dan imam Malik bin anas yg belajar hadis dan fiqih, 
 
dari Imam Musa Al-Kadzim turun ke anaknya Ali Ar-ridha sampai Imam Maksum yang terakhir adalah Imam Shohibu zaman Al-Khoim Al-Muntadzar yg di Ghaibkan Allah sampai saat ini, 
 
suatu sanad yg jelas bukan? 
Semoga kita diberi Hidayah OlehNya, Amin 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya al-fakir. 
 
jika menurut seperti yang anda katakan, maka mestinya ilmu ini sekarang hilang bersama imam mahdi. anda bilang: 
sanad yang jelas,  
 
jelas hilang dibawa oleh imam mahdi, yang dighaibkan oleh Allah. maka mestinya islam yang benar saat ini ikut ghaib bersama imam mahdi, dan baru muncul bersamanya, jika dia jadi muncul. 
 
sedangkan ulama syiah sekarang ini tidak berkompeten untuk menjelaskan mazhab syiah, karena tidka pernah bertemu dengan imam mahdi yang ghaib lebih 1000 tahun yang lampau. 
 
Bukankah begitu? atau saya salah?
Al-Fakir

15. 20-02-2009 02:44

qul amantu billahi tsummas taqim!
Istiqomah yah bagi penulis... cobaan yang lebih berat akan segera datang... Istiqomah akhi.. 
 
Tidaklah ada yang dikatakan (oleh orang-orang kafir) kepadamu itu selain apa yang sesungguhnya telah dikatakan kepada rasul-rasul sebelum kamu. Sesungguhnya Rabb-mu benar-benar mempunyai ampunan dan hukuman yang pedih. TQS Fushshilat:43
abbu Azzam

16. 16-03-2009 16:02

semangat terus!!!! dan bersabarlah!!!
Toek sodara - sodaraku di hakekat.com 
semoga Allah selalu memberikan kesabaran dan kekuatan kepada kita semua. 
pantang mundur dan maju terus... 
 
Allaahu Akbar!!!!! 
 
MrShiaa: 
terimakasih dukungannya, Insya Allah kami tetap akan semangat, setelah terbukti artikel kami membuat syi'ah ketakutan dan tidak mampu membantahnya.
hakekat fans

17. 01-04-2009 01:15

sadarlah org yang sesaat
Abu bakar, Umar, Utsman, dan Ali radliyallohu anhum adalah imamku dan imam kaum muslimin semuanya...., laknat Alloh atas orang yang mencela dan memfitnah para sahabat Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam...teruskan perjuanganmu hakekat.com 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, 
 
ikutlah berjuang bersama kami, anda bisa berbuat lebih dari sekedar benci dan marah. pasti anda bisa.
mujahidin

18. 07-04-2009 06:10

PERAN IMAMIAH
Dengan adanya revolusi oleh Imam Khomaini, maka telah terjadi suatu perubahan pandangan yang mendasar tentang peran 'Imam'. Karena dalam sistem negara dan pemerintahan Republik Islam Iran, tidak dikenal lagi sistem kekhalifahan ala Imamiah tersebut. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, berarti ajaran syiah mengalami perobahan, yang anehnya, orang yang tidak maksum bisa membuat perubahan pada mazhab, katanya syiah hanya ikut imam maksum. 
 
elfan

19. 07-05-2009 06:46

Apa perbedaan antara Ahlussunnah Waljama
Banyak orang yang menyangka bahwa perbedaan antara Ahlussunnah Waljamaah dengan Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah) dianggap sekedar dalam masalah khilafiyah Furu’iyah, seperti perbedaan antara NU dengan Muhammadiyah, antara Madzhab Safi’i dengan Madzhab Maliki. 
 
Karenanya dengan adanya ribut-ribut masalah Sunni dengan Syiah, mereka berpendapat agar perbedaan pendapat tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Selanjutnya mereka berharap, apabila antara NU dengan Muhammadiyah sekarang bisa diadakan pendekatan-pendekatan demi Ukhuwah Islamiyah, lalu mengapa antara Syiah dan Sunni tidak dilakukan ?. 
 
Oleh karena itu, disaat Muslimin bangun melawan serangan Syiah, mereka menjadi penonton dan tidak ikut berkiprah. 
 
Apa yang mereka harapkan tersebut, tidak lain dikarenakan minimnya pengetahuan mereka mengenai aqidah Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah). Sehingga apa yang mereka sampaikan hanya terbatas pada apa yang mereka ketahui. 
 
Semua itu dikarenakan kurangnya informasi pada mereka, akan hakikat ajaran Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah). Disamping kebiasaan berkomentar, sebelum memahami persoalan yang sebenarnya. 
 
Sedangkan apa yang mereka kuasai, hanya bersumber dari tokoh-tokoh Syiah yang sering berkata bahwa perbedaan Sunni dengan Syiah seperti perbedaan antara Madzhab Maliki dengan Madzahab Syafi’i. 
 
Padahal perbedaan antara Madzhab Maliki dengan Madzhab Syafi’i, hanya dalam masalah Furu’iyah saja. Sedang perbedaan antara Ahlussunnah Waljamaah dengan Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah), maka perbedaan-perbedaannya disamping dalam Furuu’ juga dalam Ushuul. 
 
Rukun Iman mereka berbeda dengan rukun Iman kita, rukun Islamnya juga berbeda, begitu pula kitab-kitab hadistnya juga berbeda, bahkan sesuai pengakuan sebagian besar ulama-ulama Syiah, bahwa Al-Qur'an mereka juga berbeda dengan Al-Qur'an kita (Ahlussunnah). 
 
Apabila ada dari ulama mereka yang pura-pura (taqiyah) mengatakan bahwa Al-Qur'annya sama, maka dalam menafsirkan ayat-ayatnya sangat berbeda dan berlainan. 
 
Sehingga tepatlah apabila ulama-ulama Ahlussunnah Waljamaah mengatakan : Bahwa Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah) adalah satu agama tersendiri. 
 
Melihat pentingnya persoalan tersebut, maka di bawah ini kami nukilkan sebagian dari perbedaan antara aqidah Ahlussunnah Waljamaah dengan aqidah Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah). 
 
1. Ahlussunnah : Rukun Islam kita ada 5 (lima) 
a) Syahadatain 
b) As-Sholah 
c) As-Shoum 
d) Az-Zakah 
e) Al-Haj 
 
Syiah : Rukun Islam Syiah juga ada 5 (lima) tapi berbeda: 
a) As-Sholah 
b) As-Shoum 
c) Az-Zakah 
d) Al-Haj 
e) Al wilayah  
 
2. Ahlussunnah : Rukun Iman ada 6 (enam) : 
a) Iman kepada Allah 
b) Iman kepada Malaikat-malaikat Nya 
c) Iman kepada Kitab-kitab Nya 
d) Iman kepada Rasul Nya 
e) Iman kepada Yaumil Akhir / hari kiamat 
f) Iman kepada Qadar, baik-buruknya dari Allah. 
 
Syiah : Rukun Iman Syiah ada 5 (lima)*  
a) At-Tauhid 
b) An Nubuwwah 
c) Al Imamah 
d) Al Adlu 
e) Al Ma’ad 
 
3. Ahlussunnah : Dua kalimat syahadat 
 
Syiah : Tiga kalimat syahadat, disamping Asyhadu an Laailaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, masih ditambah dengan menyebut dua belas imam-imam mereka. 
 
4. Ahlussunnah : Percaya kepada imam-imam tidak termasuk rukun iman. Adapun jumlah imam-imam Ahlussunnah tidak terbatas. Selalu timbul imam-imam, sampai hari kiamat. 
Karenanya membatasi imam-imam hanya dua belas (12) atau jumlah tertentu, tidak dibenarkan. 
 
Syiah : Percaya kepada dua belas imam-imam mereka, termasuk rukun iman. Karenanya orang-orang yang tidak beriman kepada dua belas imam-imam mereka (seperti orang-orang Sunni), maka menurut ajaran Syiah dianggap kafir dan akan masuk neraka. 
 
5. Ahlussunnah : Khulafaurrosyidin yang diakui (sah) adalah : 
a) Abu Bakar 
b) Umar 
c) Utsman 
d) Ali Radhiallahu anhu 
 
Syiah : Ketiga Khalifah (Abu Bakar, Umar, Utsman) tidak diakui oleh Syiah. Karena dianggap telah merampas kekhalifahan Ali bin Abi Thalib (padahal Imam Ali sendiri membai'at dan mengakui kekhalifahan mereka).  
 
6. Ahlussunnah : Khalifah (Imam) adalah manusia biasa, yang tidak mempunyai sifat Ma’shum. 
Berarti mereka dapat berbuat salah/ dosa/ lupa. Karena sifat Ma’shum, hanya dimiliki oleh para Nabi. 
 
Syiah : Para imam yang jumlahnya dua belas tersebut mempunyai sifat Ma'’hum, seperti para Nabi. 
 
7. Ahlussunnah : Dilarang mencaci-maki para sahabat. 
 
Syiah : Mencaci-maki para sahabat tidak apa-apa bahkan Syiah berkeyakinan, bahwa para sahabat setelah Rasulullah SAW wafat, mereka menjadi murtad dan tinggal beberapa orang saja. Alasannya karena para sahabat membai'at Sayyidina Abu Bakar sebagai Khalifah. 
 
8. Ahlussunnah : Siti Aisyah istri Rasulullah sangat dihormati dan dicintai. Beliau adalah Ummul Mu’minin. 
 
Syiah : Siti Aisyah dicaci-maki, difitnah, bahkan dikafirkan. 
 
9. Ahlussunnah : Kitab-kitab hadits yang dipakai sandaran dan rujukan Ahlussunnah adalah Kutubussittah : 
a) Bukhari 
b) Muslim 
c) Abu Daud 
d) Turmudzi  
e) Ibnu Majah 
f) An Nasa’i 
(kitab-kitab tersebut beredar dimana-mana dan dibaca oleh kaum Muslimin sedunia). 
 
Syiah : Kitab-kitab Syiah ada empat : 
a) Al Kaafi 
b) Al Istibshor 
c) Man Laa Yah Dhuruhu Al Faqih 
d) Att Tahdziib 
(Kitab-kitab tersebut tidak beredar, sebab kebohongannya takut diketahui oleh pengikut-pengikut Syiah).  
 
10. Ahlussunnah : Al-Qur'an tetap orisinil 
 
Syiah : Al-Qur'an yang ada sekarang ini menurut pengakuan ulama Syiah tidak orisinil. Sudah dirubah oleh para sahabat (dikurangi dan ditambah).  
 
11. Ahlussunnah : Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang taat kepada Allah dan Rasul Nya. 
Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak taat kepada Allah dan Rasul Nya. 
 
Syiah : Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang cinta kepada Imam Ali, walaupun orang tersebut tidak taat kepada Rasulullah. 
Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang memusuhi Imam Ali, walaupun orang tersebut taat kepada Rasulullah.  
 
12. Ahlussunnah : Aqidah Raj’Ah tidak ada dalam ajaran Ahlussunnah. Raj’ah adalah besok diakhir zaman sebelum kiamat, manusia akan hidup kembali. Dimana saat itu Ahlul Bait akan balas dendam kepada musuh-musuhnya. 
 
Syiah : Raj’ah adalah salah satu aqidah Syiah. Dimana diceritakan : bahwa nanti diakhir zaman, Imam Mahdi akan keluar dari persembunyiannya. Kemudian dia pergi ke Madinah untuk membangunkan Rasulullah, Imam Ali, Siti Fatimah serta Ahlul Bait yang lain. 
 
Setelah mereka semuanya bai'at kepadanya, diapun selanjutnya membangunkan Abu Bakar, Umar, Aisyah. Kemudian ketiga orang tersebut disiksa dan disalib, sampai mati seterusnya diulang-ulang sampai ribuan kali. Sebagai balasan atas perbuatan jahat mereka kepada Ahlul Bait. 
Keterangan : Orang Syiah mempunyai Imam Mahdi sendiri. Berlainan dengan Imam Mahdinya Ahlussunnah, yang akan membawa keadilan dan kedamaian. 
 
13. Ahlussunnah : Mut’ah (kawin kontrak), sama dengan perbuatan zina dan hukumnya haram. 
 
Syiah : Mut’ah sangat dianjurkan dan hukumnya halal. Halalnya Mut’ah ini dipakai oleh golongan Syiah untuk mempengaruhi para pemuda agar masuk Syiah. Padahal haramnya Mut’ah juga berlaku di zaman Khalifah Ali bin Abi Thalib. 
 
14. Ahlussunnah : Khamer/ arak tidak suci. 
 
Syiah : Khamer/ arak suci. 
 
15. Ahlussunnah : Air yang telah dipakai istinja’ (cebok) dianggap tidak suci. 
 
Syiah : Air yang telah dipakai istinja’ (cebok) dianggap suci dan mensucikan. 
 
16. Ahlussunnah : Diwaktu shalat meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri hukumnya sunnah. 
 
Syiah : Diwaktu shalat meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri membatalkan shalat. 
(jadi shalatnya bangsa Indonesia yang diajarkan Wali Songo oleh orang-orang Syiah dihukum tidak sah/ batal, sebab meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri). 
 
17. Ahlussunnah : Mengucapkan Amin diakhir surat Al-Fatihah dalam shalat adalah sunnah. 
 
Syiah : Mengucapkan Amin diakhir surat Al-Fatihah dalam shalat dianggap tidak sah/ batal shalatnya. 
(Jadi shalatnya Muslimin di seluruh dunia dianggap tidak sah, karena mengucapkan Amin dalam shalatnya).  
 
18. Ahlussunnah : Shalat jama’ diperbolehkan bagi orang yang bepergian dan bagi orang yang mempunyai udzur syar’i. 
 
Syiah : Shalat jama’ diperbolehkan walaupun tanpa alasan apapun. 
 
19. Ahlussunnah : Shalat Dhuha disunnahkan.  
 
Syiah : Shalat Dhuha tidak dibenarkan. 
(padahal semua Auliya’ dan salihin melakukan shalat Dhuha). 
 
Demikian telah kami nukilkan perbedaan-perbedaan antara aqidah Ahlussunnah Waljamaah dan aqidah Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah). Sengaja kami nukil sedikit saja, sebab apabila kami nukil seluruhnya, maka akan memenuhi halaman-halaman buku ini. 
 
Harapan kami semoga pembaca dapat memahami benar-benar perbedaan-perbedaan tersebut. Selanjutnya pembaca yang mengambil keputusan (sikap). 
 
Masihkah mereka akan dipertahankan sebagai Muslimin dan Mukminin ? (walaupun dengan Muslimin berbeda segalanya). 
 
Sebenarnya yang terpenting dari keterangan-keterangan diatas adalah agar masyarakat memahami benar-benar, bahwa perbedaan yang ada antara Ahlussunnah dengan Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah) itu, disamping dalam Furuu’ (cabang-cabang agama) juga dalam Ushuul (pokok/ dasar agama). 
 
Apabila tokoh-tokoh Syiah sering mengaburkan perbedaan-perbedaan tersebut, serta memberikan keterangan yang tidak sebenarnya, maka hal tersebut dapat kita maklumi, sebab mereka itu sudah memahami benar-benar, bahwa Muslimin Indonesia tidak akan terpengaruh atau tertarik pada Syiah, terkecuali apabila disesatkan (ditipu). 
 
Oleh karena itu, sebagian besar orang-orang yang masuk Syiah adalah orang-orang yang tersesat, yang tertipu oleh bujuk rayu tokoh-tokoh Syiah. 
 
Akhirnya, setelah kami menyampaikan perbedaan-perbedaan antara Ahlussunnah dengan Syiah, maka dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada Alim Ulama serta para tokoh masyarakat, untuk selalu memberikan penerangan kepada umat Islam mengenai kesesatan ajaran Syiah. Begitu pula untuk selalu menggalang persatuan sesama Ahlussunnah dalam menghadapi rongrongan yang datangnya dari golongan Syiah. Serta lebih waspada dalam memantau gerakan Syiah didaerahnya. Sehingga bahaya yang selalu mengancam persatuan dan kesatuan bangsa kita dapat teratasi. 
 
Selanjutnya kami mengharap dari aparat pemerintahan untuk lebih peka dalam menangani masalah Syiah di Indonesia. Sebab bagaimanapun, kita tidak menghendaki apa yang sudah mereka lakukan, baik di dalam negri maupun di luar negri, terulang di negara kita. 
 
Semoga Allah selalu melindungi kita dari penyesatan orang-orang Syiah dan aqidahnya. Amin.
harlan fauzan ali

20. 28-05-2009 02:41

"subhanallah"
zaman udh scanggih ini koq msh saling mnyalahkan antum hrsnya sdr yg diperdebatkan skrg adl org2 yg seaqidah G MALU MA AGAMA LAIN???/??? 
 
MrShiaa: 
 
zaman sudah secanggih ini koq msh menyalahkan Abubakar dan Umar pada peristiwa saqifah yang sudah berlalu lebih seribu tahun. 
 
G MALU PADA AGAMA LAIN? 
 
orang kafir akan mengatakan: Muhammad gagal mendidik sahabatnya sendiri!
nona

21. 22-06-2009 01:47

sikap dukungan
ana berharap situs ini lebih banyak menampilkan ebook dan artikel yg memuat masalah kebohongan syi'ah dan kesesatannya.dan ana pernah membaca blog dan situs yg menghujat ahlusunnah(situs-orang syi'ah) seperti ************* yg berisikan bantahan terhadap situs ini( hakekat.com)mohon segera lihat dan ambil tindakan ! semoga allohu azza wajalla membalas kebaikan anda
ibnu muhammad

22. 16-07-2009 06:46

mohon penjelasan
assamualaikum... 
saya ingin bertanya... 
bagaimana sebenarnya sikap penganut syiah tetntang ayat2 yang memuji para sahabat.... 
tentang ayat al ahzab : 33, kepada siapa ayat tersebut dimaksud, apakah hanya terbatas kpd ALi dan anak keturunannya saja...?? 
mohon jawabannya ?? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, masalah ayat tentang sahabat Insya Allah akan kami kupas mendetil. masalah Al Ahzab 33 ayat itu turun untuk istri Nabi, dan termasuk juga keluarga Nabi yaitu Ali, Fatimah, Hasan dan Husein. 
karena dalam hadits Kisa' Nabi berdoa agar ahlulbait dibersihkan sebersih-bersihnya. hadits ini terjadi sesudah ayat Al Ahzab 33 turun, jika memang Ali, Fatimah, hasan dan Husein adalah yang dimaksud dalam Al Ahzab 33, sudah tentu Nabi tidak berdoa.
ihsan

23. 23-09-2009 11:12

pengikut syi'ah
Akhi Mrshaa tetap semangat ya saya dukung dengan doa dan insyaAllah akan turut membagi informasi dari web ini kepada teman n kerabat. 
Sungguh sebuah rujukan yg baik karena beberapa bulan ini saya beberapakali menerima email dari teman2 pengikut syi'ah yang isinya mayoritas hanya mengagungkan syi'ah dan dengan hebatnya bisa menentukan orang lain diluar syi'ah bisa masuk dineraka kelak. 
Juga menggambarkan bahwa manusia paling sempurna di dunia dan yang perbuatannya menjadi sunah bagi kita yaitu Nabi Muhammad SAW seolah2 gagal dalam membina kerukunan didalam rumahtangga dan juga hubungan baik dengan para sahabat yang mulia...Naudzubillah 
Dan seolah2 mereka para pengikut syia'ah itu seperti orang yang paling tau ilmu agama Islam hingga menjelek2an para sahabat yang pernah hidup bersama Rasulullah... 
 
InsyaAllah semua yang akhi lakukan diperhitungankan Allah SWT sebagai amal ibadah yang baik....aamin
awinarto

24. 04-10-2009 04:46

dukungan
ass 
insyaAlloh kebenaran akan menang pada waktunya...seperti pelita yang menerangi kegelapan tuk menunjuk jalan menuju kebenaran yang hakiki...insyAlloh 
teruskan perjuangan innAlloha maasshabirin... 
mudah2an Alloh SWT selalu merahmati anda dalam perjuangan ini amiin...ALLOHUAKBAR
AWJ

25. 23-12-2009 23:43

ketauan deh busuknya....
semoga tim hakekat.com selalu dlm lindungan dan bimbingan Allah...agar dapat selalu membongkar kebusukan agama syi'ah. semoga diberi kesempatan utk membuat ebook kitab2 syi'ah agar diketahui oleh umum sehingga dpt dibedah tuntas ttg kebusukan2nya...barakallah fiikum 
 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih doanya, kita tunggu partisipasi antum.
abu aviseno

26. 20-01-2010 08:25

Barakallahu fiik
Saya tidak tahu mau bilang apa, selain doa buat anda dan barakallahu semoga tercurah kepada anda atas perjuangan membongkar kerusakan aqidah syiah. 
 
Dan kepada orang2 pengikut aqidah syiah, 
Cobalah murnikan hati, netralkan pikiran dan emosi, lalu renungkan tulisan2 itu. Kalau perlu mintalah petunjuk kepada Allah, semoga hati2 anda terbuka melihat kebenaran ini dan melihat kerusakan aqidah syiah. Semoga.
Ibnu

27. 15-06-2010 19:57

kitab syi'ah
hamba ALLAH km gak usah bawa2 nahdlotul ulama ke forum ini bkn bahasannya!!!!!!untuk admin lanjutkan pembedahan hal yg benar dgn santun&bijaksana jgn mengikuti emosi.klu mslh sahabat aku sepakat dgn antum,kecuali mslh peringatan ABDUL WAHAB yg ada di saudi.
AHAHAHAHHAAHAHA

28. 08-12-2010 02:19

Nafsu
Maaf, saya dari malaysia. 
Ingin beri komen sikit... 
Jikalau ikutkan nafsu saya akan pilih shiah.. 
Karana shiah membenarkan muta'ah. 
Jika ikutkan islam saya tidak pilih syiah. 
Kerana bagi saya, pemikiran syiah di asaskan dari nafsu semata-mata.
Salihin

29. 31-01-2011 12:47

belajar dr pengalaman
assalamualaikum, 
bbrp tahun yg lalu ana ikut pengajian ummu abiha di pondok indah dgn tujuan mencari ilmu dan mendekatkan diri kpd Allah. tp ana merasa gk suka aja kenapa ketika membaca doa mereka selalu menghujat para sahabat akhirnya gk ana trskan mencari ilmu disitu krn setahu ana doa yg plg baik adlh yg bersumber dr al qur'an sdgkan dlm pengajian tsb sama sekali kita gk pegang al quran. setelah itu setiap ana mau belajar ttg islam ana mencari tempat yg benar2 sesuai dgn akidah yg benar.  
maju trs hakekat.com
iin aja

30. 18-03-2011 16:07

Quran dan Sunnah Adalah Kebenaran
Kebenaran akan selalu menang pada akhirnya, kebatilan akan binasa, bagaikan debu berterbangan tertiup angin. Hai..orang orang yang hatinya penuh kebencian, kedengkian, hasad, ketahuilah " Kehacuran mu senantiasa sudah semakin mendekat, engaku akan dibinasakan oleh Allah melalui orang orang yang sentiasa selalu berpegang teguh kepada Quran dan Sunnah. Dan kepada saudara saudara ku yang tercinta ahlusunnah " kalah kan mereka dengan cara menyebarkan sunnah seluas luasnya, niscaya mereka kaum pendengki luluh lantah.
Abdul Malik Ibrahim

31. 16-05-2011 05:04

..............
pikirkan saja diri sendiri ,, sudah benar atau blm ,, kalian hanya bisa menghardik tanpa dasar yg jelaaas .... astaghfirullahal adzim
davin

32. 16-06-2011 11:11

profil hakekat
Maaf, situs ini sebenarnya membicarakan mengenai ajaran syi'ah atau penyimpangan yang ada dalam ajaran syi'ah ?
nugroho

Display 32 of 32 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2018 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

izin share
Assalamu Alaikum... Mr.Shiaa yang di Muliakan saya minta izin untuk...
10/05/14 01:58 More...
By Abdi Dalem

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudahďan Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Lihat Gallery Syiah

Online

Saat ini ada 1 tamu online