Home
Abu Hurairah Vs Jabir Al Ju'fi PDF Cetak E-mail
 

Abu Hurairah digugat! Katanya karena meriwayatkan 5000 hadits hanya dengan tiga tahun masuk Islam. Tetapi ada perawi syiah yang yang lebih dahsyat dari Abu Hurairah. Rupanya banyak teman syiah –dan sunni-  belum pada tahu tentang rahasia ini.

Kita sering mendengar gugatan terhadap Abu Hurairah, seorang sahabat Nabi yang konon baru masuk Islam pada perang Khaibar. Mengapa Abu Hurairah digugat? Karena Abu Hurairah yang hidup di Madinah selama tiga tahun sebelum wafatnya Nabi, meriwayatkan hadits lebih banyak dari Abubakar, yang masuk islam pertama kali, lebih banyak dari Ali, orang yang beruntung dapat hidup di bawah asuhan Nabi Muhammad saw. Abu Hurairah meriwayatkan konon kurang lebih 5000 hadits sedangkan dia hanya masuk Islam tiga tahun hingga Nabi saw wafat, sedangkan Abubakar yang 22 tahun sebelum Nabi wafat riwayat haditsnya tidak sebanyak itu.


Salah satu pelopor gugatan ini adalah seorang ulama syiah bernama Abdul Husein Syarafuddin Al Musawi, yang menulis buku berjudul Abu Hurairah. Buku ini menjadi rujukan bagi syiah untuk mengajak orang masuk mazhabnya dengan menjelek-jelekkan tokoh mazhab lain.

Logika ini digunakan untuk mengarahkan pembaca bahwa hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah adalah buatan sendiri, bukan didengarnya dari Nabi. Lumrahnya, Abubakar lah yang mestinya meriwayatkan lebih banyak riwayat hadits Nabi ketimbang Abu Hurairah, begitu juga mestinya Ali meriwayatkan lebih banyak riwayat ketimbang Abu Hurairah, begitu juga dengan sahabat-sahabat Nabi lainnya. Namun di sini kita harus bersikap kritis dan tidak begitu saja percaya dengan logika sederhana ini. Apakah ada data-data yang belum disertakan, atau ada sebab-sebab lain hingga riwayat hadits dari Abubakar As Shiddiq bisa sangat sedikit dibanding sahabat lain, apalagi dibanding Abu Hurairah.

Sebelum kita melanjutkan tentang Abu Hurairah ada baiknya anda simak kisah di bawah ini:

Pada suatu hari, seseorang sedang berada di angkot dalam perjalanan pulang dari kantor, seperti biasanya, angkot melaju pelan-pelan, sambil mengernyitkan dahi dia memandang ke arah penumpang angkot lainnya, tak lupa sambil menarik napas panjang. Angkot berhenti di depan rumah sakit, seorang ibu naik bersama anaknya, sepanjang jalan anaknya gelisah, berteriak-teriak dengan suara keras, dia menolehkan kepalanya ke arah si anak dan memandangnya dengan pandangan kesal. Begitu juga penumpang lainnya. Beban pekerjaan di kantor, perjalanan yang macet, masih harus ditambah dengan suara gaduh anak kecil dalam angkot. Anehnya, si ibu memandang ke jalanan dengan pandangan kosong. Seorang penumpang dengan sewot mengatakan: “bu, tolong lah bu, anak anda begitu mengganggu”. Si ibu sepertinya kaget, lalu dengan lirih bergumam: “maaf pak, ayahnya baru saja meninggal dunia, barangkali dia masih belum bisa menerima kenyataan ini”.

Barangkali pembaca pernah membaca cerita di atas. Barangkali juga belum. Cerita di atas adalah “versi Indonesia” dari kisah yang mirip dan mungkin terjadi di dunia barat sana. Ternyata pikiran kita sangat mempengaruhi persepsi kita terhadap sesuatu. Yang sering tertipu ternyata bukan hanya mata, pikiran pun juga. Pikiran bisa menipu kita ketika kita kekurangan data, atau ada sisi-sisi dari peristiwa yang belum kita ketahui. Segala sesuatu memiliki peluang untuk kita pahami secara berbeda. Dua orang bisa memiliki persepsi dan pemahaman yang berbeda dalam menilai sesuatu. Bahkan kita sendiri bisa dengan cepat merubah penilaian kita terhadap suatu peristiwa, contohnya seperti kisah di atas. Artinya bisa jadi penilaian kita terhadap sesuatu bukanlah hasil final, yang mencerminkan keadaan sesuatu itu yang sebenarnya.

Bisa jadi asumsi yang tercipta di benak kita keliru.


Mengapa Abu Hurairah meriwayatkan hadits lebih banyak dari Abubakar?
Singkatnya, karena Abubakar wafat dua tahun setelah Nabi wafat, hingga tidak memiliki banyak murid seperti Abu Hurairah yang wafat tahun 57 H. Abu Hurairah memiliki murid yang banyak, disebutkan bahwa 800 orang baik dari kalangan sahabat maupun tabi’in pernah mendengar hadits Nabi dari Abu Hurairah. Bisa dilihat dalam kitab AL Isti’ab, Siyar A’lam Nubala, Hilyatul Auliya, Tahdzibul Kamal dan kitab-kitab liannya. Maka tidaklah mengherankan jika riwayat Abu Hurairah sedemikian banyak tersebar dalam kitab-kitab hadits, jauh lebih banyak dibanding riwayat Abubakar. Begitu juga Ali, yang tidak memiliki murid sebanyak Abu Hurairah, namun riwayat Ali dalam kitab Ahlussunnah lebih banyak dari riwayat Abubakar, Umar dan Utsman.

Juga Abu Hurairah selama tiga tahun kehidupannya di Madinah tinggal di masjid, termasuk mereka yang disebut sebagai ahlussuffah, yang tidak memiliki pekerjaan. Maka Abu Hurairah menggunakan kesempatan itu untuk menimba ilmu dari Nabi. Sementara sahabat lainnya tidak memiliki waktu luang seperti Abu Hurairah, hingga Ibnu Umar pun pernah berkata pada Abu Hurairah, seperti dalam Sunan Tirmidzi :
wahai Abu Hurairah, engkau adalah orang yang paling sering bersama Rasulullah saw dan orang yang paling mengetahui haditsnya di antara kami.


Demikian keterangan singkat mengenai Abu Hurairah.


Namun seperti yang kami jelaskan di atas, ada yang lebih “dahsyat” dari Abu Hurairah, yang dapat meriwayatkan 70.000 hadits dalam sekali pertemuan!!! Siapa dia?

Dialah Jabir Al Ju’fi . Al Hurr Al Amili dalam Wasa’il Syi’ah jilid 20 hal 151 mengatakan: dia meriwayatkan tujuh puluh ribu hadits dari Al Baqir, dan meriwayatkan seratus empat puluh ribu hadits, nampaknya tidak ada perawi yang meriwayatkan hadits dari para imam secara langsung, yang lebih banyak dari Jabir .


Sedangkan jumlah hadits dalam 4 literatur utama syiah adalah sekitar 44244 hadits, seperti tercantum dalam A’yanus Syi’ah jilid 1 ha 248. Berarti bisa dibilang sebagian besar riwayat dalam literatur hadits syiah adalah melalui perawi yang satu ini.

Lalu pertanyaannya, berapa lama Jabir Al Ju’fi  menimba ilmu dari Abu Ja’far? Kita simak jawabannya dalam Rijalul Kisyi jilid 2 hal 437, yang ditahqiq oleh Sayid Mahdi Raja'i, terbitan Muassasah Alulbait Alaihimussalam, Ja’far As Shadiq mengatakan : aku hanya melihat dia menemui ayahku sekali saja, dia belum pernah masuk menemuiku sama sekali.
Lalu dari mana Jabir Al Ju’fi meriwayatkan puluhan ribu hadits jika hanya sekali bertemu Abu Ja’far?

Jika Abdul Husein Al Musawi bisa menerima Jabir Al Ju’fi, bahkan memujinya seperti dalam Al Muraja’at [diterjemahkan dengan judul : Dialog Sunnah Syiah], lalu  mengapa Abu Hurairah digugat?

 

 

 





Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 23 of 23 comments

1. 19-02-2009 12:17

Aneh
Dalam artikel lain di site ini, dikatakn penulis al murajaat(dialog sunni syiah) al musawi adalah tokoh fiktif, baru tahu saya ada tokoh fiktif yg bisa nulis buku. ttg hadits yg diriwayatkan jubir apakah semuax diterima syiah? Bukankah hadits yg diriwayatkan abu hurairah juga tdk sdikit yg ditolak, bukhari saja hax mriwayatkn skitar 400an hadits. Lalu mngapa kritikan al musawi lainx trhadap hadits2 yg diriwayatkn abu hurairah dlm shahih bukhari tidak dibahas. Kami tunggu pembahasanx. 
 
MrShiaa: 
terimakasih atas komentarnya,  
komentar anda panjang lebar, jadi belum sempat kami pelajari lebih lanjut, kami ingin mempelajari sebelum mereply komentar 
 
tapi komentar anda kali ini tidak sesuai dengan topik bahasan. kali ini hanya membahas jumlah hadits saja. ternyata syiah yang mempermasalahkan hadits Abu Hurairah masih memiliki masalah dalam perawinya sendiri. jika perawi mazhab syiah masih bermasalah maka mestinya syiah tidak mempermsalahkan abu hurairah. 
 
masalah kritikan abdul husein musawi terhadap abu hurairah akan kami muat tapi kami tidak menjanjikan waktunya. 
 
o ya, kapan saya bilang abdul husein musawi orangnya fiktif? tolong dibaca lagi baik-baik. terimakasih.
Maipa

2. 23-02-2009 12:31

penasaran
apa-apa pun gua percaya abu hurairah itu sahabat yang banyak berjasa dalam islam. Gue percaya pada Al-quran yang mulia yang ada skrang adalah yang asli. Nabi pernah bersabda: jika lah ada nabi lagi selepas aku ternyata umar lah orang yang paling layak........... 
ali bin usman

3. 24-02-2009 01:29

Buku Abu Hurairah karya Al Musawi
tertarik kalimat pernyataan anda berikut ''Salah satu pelopor gugatan ini adalah seorang ulama syiah bernama Abdul Husein Syarafuddin Al Musawi, yang menulis buku berjudul Abu Hurairah. Buku ini menjadi rujukan bagi syiah untuk mengajak orang masuk mazhabnya dengan menjelek-jelekkan tokoh mazhab lain. 
'', Ketertarikan saya terutama pada bagian akhir,yakni-syiah menjelek-jelekkan tokoh mazhab lain-. Itu berkesan provokasi opini negatif ttg syiah 
 
MrShiaa: 
 
apa kabar? terimakasih komentarnya 
 
saya kira dengan abdulhusein membuat buku seperti itu menjadi bukti dari pernyataan saya. bukankah begitu?
ibnu

4. 25-02-2009 10:13

Paradoks kompleks
Hakekat Syi'ah makin terungkap,alih-alih menuduh dengan logika dangkal, eh malah menjilat ludah sendiri 
 
Abu Fauzan

5. 27-02-2009 03:09

Abu Hurairah, perawi pengangguran?
Selain (secara sanad) jumlah hadits yang diriwayatkan sangat banyak melampau batas kewajaran, keraguan kaum Syiah juga dititikberatkan pada matan hadits yang lebih banyak mengandung nilai-nilai Israiliyat dan bercampur dengan khirafat yang merupakan hasil dari gradasi budaya antara Islam dan negara-negara yang menjadi daerah penyebaran Islam. Jadi selain secara kwantitas dan kwalitas haditsnya juga meragukan. 
Masalah lain yang ingin saya garis bawahi adalah alasan anda bahwa banyaknya hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dikarenakan Abu Hurairah adalah seorang pengangguran, itu tidak masuk logika saya. Jikalau memang Abu Hurairah seorang pengangguran tapi bukankah Rasulullah tidak demikian?, beliau bukan pengangguran yang hidup dari belas kasihan orang, beliau adalah pekerja keras dengan berdagang. Jadi pertemuan mereka bukan pertemuan dua orang pengangguran sehingga pertemuan keduanya ridaklah seperti yang anda bayangkan. 
Saya juga minta penayangan foto-foto yang berhubungan dengan Syiah untuk disertakan keterangan (yang cukup)tentang event yang bersangkutan agar tidak terjerumus kedalam ashabiyah dan buruk sangka karena kebencian. Dimata saya masih banyak tersebar di banyak situs gambar yang dimanipulasi secara digital. Menunjukkan tidak adanya itikat baik mencari hakikat sesuatu tapi usaha menciptakan sebuah hakikat semu dan menyesatkan.  
Maaf orang Syiah bukan orang gagap tekhnologi. Mohon dipertimbangkan. Semua harus kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah. 
MrShiaa: 
apa kabar? terimakasih komentarnya 
masalah manipulasi digital, silahkan tunjukkan foto yang merupakan hasil manipulasi digital, jika anda memang tidak gaptek. 
 
Anda tidak menjawab substansi persoalan, Nabi memang bukan pengangguran, siapa yang bilang Nabi pengangguran. pengangguran selalu ada pada setiap masyarakat. dan di sini Abu Hurairah malah berkesempatan mendapat hadits lebih banyak. 
 
Anda meragukan hadits Abu Hurairah tapi tidak berani meneliti hadits Jabir Al Ju'fi.
Ja'fariyan

6. 02-03-2009 01:55

abu hurairah bisakah dipercaya?
saya tidak tahu anda memang 'paham' detil tentang syiah ato sekedar mendengar dan membaca syiah dari buku-2x, artikel dan ceramah yang berasal BUKAN dari sumbernya (Ulama Syiah). Kalau melihat tulisan anda diatas boleh saya berasumsi sepertinya anda tidak pernah mendiskusikan dan mendengar hakikat konsep syiah langsung dari sumber terpercaya.  
 
Kalau punya sedikit waktu luang cobalah anda tengok di xxxxxxxxxx.com Buktikan bahwa anda memang mampu dan memiliki segudang fakta untuk membuktikan kesesatan syiah dengan berdiskusi disana (kebetulan kasus tentang abu hurairah pun pernah dibahas di www.xxxxxxxx.com) bawalah tulisan anda ini atau mungkin bukti-bukti lain yang belum sempat anda tulis di artikel ini. Diskusikan dengan ahlinya, sehingga anda bisa memperoleh perspektif yang memang berasal dari sumbernya. 
 
Catatan kecil. 
 
Anda pasti paham betul kalau semasa nabi hidup hingga wafatnya tidak ada satupun bukti tentang adanya kumpulan hadis nabi yang dibukukan. Bahkan dimasa abu bakar, umar, utsman, sampai ali umat islam yang hidup saat itu belum pernah memegang buku kumpulan hadis seperti sekarang ini. Mengapa tidak ada buku kumpulan hadis seperti saat ini? Apakah karena dengan alasan masih banyaknya sahabat yang hidup sehingga pembukuan hadist menjadi tidak penting? atau mungkin ada alasan lain? Saya yakin anda pasti tahu jawabnnya 
 
Satu hal lagi. Anda mungkin belum tahu bagi syiah pintu ijtihad tidak pernah tertutup. Hadis syiah akan selalu diteliti dan dikaji oleh ulama syiah hingga akhir jaman. Sehingga tidak ada satupun ulama syiah yang bisa melabeli "shahih" atas kumpulan suatu hadis mereka karena sampai detik inipun ulama syiah masih mencoba untuk mengkajinya. termasuk konon ratusan ribu hadis syiah yang anda ungkapkan diatas. Namun bagaimana dengan bukhari yang dalam bukunya hanya menukilkan sedikit dari ribuan hadis abu hurairah. Faktor apa yang membuat bukhari meninggalkan ribuan hadis lainnya dari abu hurairah? Bukankah bukari selalu sholat dua rakaat memohon petunjuk dari Allah sebelum menuliskan hadist dalam bukunya. Apakah bukhari menganggap ribuan hadist abu hirairah tidak layak dimasukkan dalam kumpulan hadistnya karena tidak bisa "dipercaya"? sekali lagi kalau memang anda punya segudang bukti dan fakta tentang kesesatan syiah dalam menilai pribadi abu hurairah cobalah anda buka diskusi baru di www.xxxxxxxxxx.com. Saya yakin diskusi akan menjadi semakin menarik bila memang anda punya bukti dan fakta. 
 
MrShiaa: 
 
apa kabar? terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkomentar di situs kami. 
 
anda bilang sumber kami adalah tidak valid, ini menunjukkan anda belum mengenal literatur sumber syiah. karena anda tidak tahu, maka anda tidak boleh menyalahkan yang tahu, ketika anda tidak tahu tentang sesuatu bukan berarti sesuatu itu tidak ada, bukan begitu? 
 
jika literatur syi'ah tidak bisa dipercaya mengapa anda tidak cari mazhab lain yang literaturnya bisa dipercaya? atau jika anda tahu literatur syi'ah yang bisa dipercaya tolong beritahukan pada kami, kami dengan senang hati berterimakasih pada anda 
 
 
masalah pembukuan hadits, jangankan pembukuan hadits, pembukuan al qur'an saja belum ada. apa anda tidak mau percaya pada Al Qur'an karena pada jaman Nabi tidak dibukukan? 
 
masalah pintu ijtihad, mestinya syiah tidak perlu ijtihad karena sudah ada imam maksum, bukan begitu? masalah hadits shahih atau tidak bukan tempatnya untuk berijtihad.ketika anda mendhaifkan sebuah hadits anda tidak bisa percaya 100% hadits itu dhaif karena ketika ulama lain menshahihkannya anda tidak bisa menyalahkan karena ulama itu juga berijtihad. 
yang jelas dalam syiah tidak ada standar baku mengenai hadits. saya minta maaf kalo memberi pertanyaan yang tidak dapat anda jawab: 
berikan contoh hadits shahih dalam kitab syiah. 
 
sebelumnya saya minta maaf untuk mengatakan bahwa anda tidak akan bisa mendatangkan hadits Nabi yang shahih dari buku syiah. 
 
mengenai pertanyaan anda tentang Bukhari, mengapa dia tidak memasukkan ribuan hadits Abu Hurairah, pertanyaan ini menunjukkan anda tidak pernah belajar ilmu hadits versi sunni, anda hanya mendengar lalu mempaste apa yang anda dengar dari ustad anda, tanpa mau berpikir dan menelaah sudut pandang lain, dan bertanya pada ahlinya. 
 
jika memang Abu Hurairah haditsnya tidak layak dipercaya, pasti tidak ada satu haditsnya yang dimuat oleh Bukhari. 
 
sudah lah, daripada anda menghabiskan waktu mengurus Abu Hurairah, lebih baik anda urus dulu bagaimana Jabir Al Ju'fi bisa meriwayatkan 70 000 [tujuh puluh ribu] hadits dalam sekali perjumpaan!!! 
 
anda bisa menerima jabir al ju'fi tapi menghujat Abu Hurairah. 
 
inilah tipikal pola pikir syiah, gajah di tengah kornea mata tak nampak, tapi debu di luar negeri nampak jelas.
gunadi

7. 14-03-2009 22:30

wah...
taniah... aku dr malaysia... dan di malaysia juga hebat diserang virus2 syiah... dan aku juga ada mendapati tajuk perbahasan mengenai abu hurairah antara ahli sunni dan ahli syiah... namun saudara telah membuka mata dan memberi ilmu yg baru kepada saya... skali lagi... taniah... 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya, syiah adalah kaum yang lemah hujjahnya, jika anda ada pertanyaan maupun masalah silahkan kontak kami di [email protected]
kudut

8. 27-03-2009 12:43

buku PAIslam sudah tercemar syi'ah
assalamu'alaykum. saya berterimakasih atas informasinya, sehingga kita mengetahui syi'ah dan sunni. jangan pernah lemah semangat ya akhi. tapi qo gaya bahasa-nya agak sedikit panas yah? sekarang buku - buku pelajaran pendidikan agama islam banyak mencela sahabat, contohnya saya pernah baca bahwa utsman adalah pelopor KKN alias nepoyisme dan gila kekuasaan. tolong ya akhi pencegahanya gimana. saya pernah tuker pikir sama guru smp lulusan IAIN, dan dia mengiyakanya, tapi dia juga tidak mengaku sebagai syi'ah. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, 
 
itu mereka mengambil referensi dari literatur yang tidak valid, dan memahami fakta dengan sudut pandang yang keliru. 
 
bahasa panas? mana tuh yang panas? biar nanti diperbaiki..  
 
terimakasih banyak atas sarannya!!
salman

9. 28-03-2009 13:19

Baarakallahu Fiikum
MrShiaa, situs ilmiah yang bermanfaat. 
Baarakallahu Fiikum... 
 
Melihat tulisan anda, saya jadi teringat Ihsan Ilahi Zaheer -Rahimahullah- 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, wah saya mah bukan apa-apanya kalo dibanding beliau -Rahimahullah- 
 
semoga kita semua berada di sorga bersama Nabi saw, keluarga dan sahabatnya... AMIN
Aswad

10. 29-03-2009 03:33

h
mengpa kita saling menghujat. apalagi msalah Abu Hurairah Vs Jabir Al Ju'fi. mereka masing-masing pasti memiliki Hujjah atas apa yang mereka riwayatkan. mereka berdua juga orang-orang yang jujur pada masanya. adapun ketika riwayat mereka ada yang kita tidak terima maka berbaik sangkalah kita dengan mengatakan : "mungkin mereka ada kekeliruan saat periwayatan dilakukan. kita sebagai ummat muslim haruslah saling menghargai, dan perllu digaris bawahi bahwa islam itu selama dia mengakui adanya Allah S.W.T. dan Nabi Muhammad adalah utusanNya. 
 
MrShiaa: 
 
terimaksaih komentarnya, saya hanya ingin menunjukkan bahwa syi'ah pandai meneliti kitab orang lain, tapi melupakan referensinya sendiri.
ca

11. 01-04-2009 11:46

Saya ga heran
Saya ga heran liat kelakuannya para taqiyers syiah ... 
 
Jangankan Hadits Ahlus Sunnah ato Abu Hurairah...  
Lha Al-Qur'an aj mreka katakan disusun oleh org2 murtad... 
 
Dari hasil pengamatan saya terhadap kelompok Rafidhah yang mulai menjamur sekarang ini, 
Saya dapat membayangkan betapa mengerikannya visi dan misi mereka, 
Hasil dari mendiskreditkan para shabat Nabi SAW sudah pasti menyepelekan kitab-kitab mereka, kemudian Kitabullah susunan mereka, dst, dst... 
 
Walhasil kelompok Rafidhah ini hampir sama dengan kelompok Liberal yang ingin membatalkan validitas Al Kitab dan As Sunnah Ummat Islam (Ahlus Sunnah Wal jama’ah)... 
 
Wa Salaamu 'Alaikum Wa Rahmatullaah Wa Barakatuh 
 
http://hidayatullah.com/ phpBB3/viewtopic.php?f=2&t=43&st=0&sk=t&sd=a&sid=59f06161472c5b73f01f929422fa7311&start=190 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, 
 
dari perenungan saya terhadap isi komentar anda, saya menemukan masih belum ada penjelasan tentang perbedaan sunni dan syi'ah, hingga banyak orang menyangka hanya seperti perbedaan mazhab seperti mazhab syafii dan hanafi. 
 
insya Allah saya akan membahas masalah ini. terimakasih
single_fighter

12. 03-04-2009 14:56

Gak bisa baca Al-Qur'an
Mr Shia, saya tidak heran bila kalangan orang2 syiah hanya bisa mencela siapapun wali-wali Allah, seperti Abu hurairah.  
Karena yang terbukti teman2 saya dari syiah semuanya tidak bisa baca Al-qur'an. Apakah ini juga adalah salah satu kebodohan mereka sehingga mereka ibarat nya keledai dungu. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, 
 
barangkali Al Qur'an kurang begitu penting bagi mereka.
Ali Husen

13. 16-04-2009 08:10

izin menyimak
Assalamu'alaikum, 
Mohon izin menyimak plus download artikel -nya, ya !??! Untuk menambah wawasan. 
 
Jazakallahu khair, 
Dodo. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, silahkan simak, download dan jangan lupa sebarkan sebanyak mungkin.
Dodo

14. 17-05-2009 13:50

Saling menjatuhkan
Aneh sekali saya membaca blog ini...Semua blog menjelek2an syiah..walau pun saya terlahir sebagai Sunni saya masih mau belajar tentang ilmu2 dari sodara2 kita syiah..kita ambil saja hadist2 yang baik dari mereka berdua..daari pada hadist2 yang memperdebatkan sunni syiah..bukan kah itu lebih baik. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, kita ingin menjelaskan pada pembaca sisi lain dari apa yagn sering kita dengar. sepertinya anda tidak mempermasalahkan ketika syiah menghujat habis sahabat Nabi, salah satunya Abu Hurairah, namun nampak sekali kuman di seberang lautan di mata mereka, namun pohon kelapa di dalam mata sendiri tidak nampak.
Abu Rabbani

15. 16-06-2009 02:32

ibnu
mereka orang-orang syi'ah banyak mengkritik hadist yg nyatanya sudah shohih! dan mereka banyak bersumber kepada kitab induk mereka yang didalam ada ribuan hadist dhoif dan palsu untuk mendukung mazhab mereka !terlebih dengan mencela sahabat abu hurairah ra. dan sahabat-sahabat lain ! sampai-sampai mengkafirkan kecuali beberapa saja ! masya alloh! ana punya saran untuk menyediakan fasilitas upload ebook syiah 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, mengenai saran antum bagus, tapi bagaimana pelaksanaannya?
ibnu muhammad

16. 23-06-2009 16:21

aneh bin ajaib
salam 
setahu saya klo perawi hadist itu pernah berbohong harus di tolak klo orang tersebut meriwayatkan hadist yang lain,, klo bukhori hanya menulis 400 hadist dari 5000 hadist yang di riwayatkan buhairaoh, berarti buhairah pernah berbohong, knp hadist2 masih di katakan shohih padahal orang tersebut tidak masuk kriteria tuk di terima hadistnya?? 
 
MrShiaa: 
terimakasih, masalah Bukhari hanya meriwayatkan 400 haidts, ini bukti bahwa abu hurairah bukan pembohong, jik amemang pembohong, 1 haditsnya pun tidak akan diriwayatkan oleh Bukhari dalam shahihnya. nampaknya anda perlu memperluas cakrawala tentang ilmu hadits sunni, sekaligus ilmu hadits syiah.
andi

17. 05-07-2009 07:35

koment
saya pernah baca buku syi'i ternyata benar kalo yg hatinya dikasih hidayah sama Alloh pasti akan selalu beristigfar, dibukunya masa Rosululloh selalu menghujat/menyumpah kalo kesal sama orang, berarti sudah bertolak belakang sana Al Quran dan sunah, setahu saya nabi kl marah tdk pernah menghujat tapi menasihati. makanya tolonglah kl baca buku agama minta perlindungan ke Alloh Insya Alloh kl ada yg menyimpang pasti hati ngasih tau, setahu sy juga syiah paling anti berucap Lahaola..... utk mereka (tdk ada dlm kamusnya berucap gitu), gimana mau dikasih hidayah kalo sombong gitu, bertaubatlah sayang agar Alloh selalu menyayangi kita hambanya amin
wanda

18. 30-07-2009 02:21

mas gunadi
mas gunadi itu lucu ya. Kalo Bukhari tidak menuliskan beberapa hadits dari Abu Hurairah, maka itu berarti Bukhari tidak percaya Abu Hurayrah. hehehehe..... Emangnya Abu Hurayrah langsung ketemu Bukhari? 
 
MrShiaa: 
terimakasih, sekedar info aja, dalam kitab literatur syiah tidak ada hadits shahih yang tersambung sanadnya dari Nabi Muhammad. 
 
jangan-jangan Nabinya syiah bukan Muhammad tapi Abu Ja'far, atau Abu Abdullah.
herry.sudjono

19. 25-09-2009 00:15

rahmat
Abu Rabbani antum harus belajar lagi deh kayaknya ! plus istighfar ,Baca buku harus hati hati ..syiah itu bukan islam ! 
 
mojang garut

20. 09-10-2009 19:28

bantahan syubhat
untuk melengkapi jawaban terhadap syubhat syiah tentang Abu Huroiroh, bisa dirujuk di majalah Qiblati Edisi 10 th IV / Juli 2009.
abu sholih

21. 25-10-2009 09:03

Saya Pernah Debat dengan SYIAH....
Assalam.....Alhamdulillah, Allah SWT Menemukan saya dengan situs ini...Saya ingin berbagi pengalaman. Saya pernah di debat sama teman saya yang beragama Syiah, Subhanallah ia mempunyai Ilmu yang dalam tentang Sunnah,Pernah dia berkata Apa itu orang Sunni yang memiliki bermacam-macam mazhab atau aliran sehingga untuk sholat aja harus berbeda, sehingga saya membalasnya dengan berkata "Orang Sunni memiliki mazhab, itu adalah pemahaman dalam bidang Fiqih, ia bukan bertentangan tetapi saling melengkapi antara mazhab satu dengan yang lain. Sehingga kalau kita lihat Rasullullah mengajarkan kita dan para sahabatnya tentang universalnya Islam didalam kehidupan ini yang penting berpegang pada Al-Quran dan Hadist. tetapi teman syiah saya tetap ngotot sehingga ia mengatakan Al-Quran sudah dirubah oleh sahabat. Sewaktu ia kata begitu Aku berdoa dalam benakku Ya Allah Engkau yang Jaga Alquran dan Engkau Pula yang memeliharanya maka Sdarkanlah temanku. Apa yang terjadi Seminggu setelah itu Dia KECELAKAAN DI JALAN DAN DI OPNAME SELAMA 1 MINGGU. Ini Bukti Allah yang membalas kejahatan Kaum SYIAH. SAHABATKU SEIMAN DAN SETANAH AIR ISTIQAMAHLAH PADA ALLAH KARENA SYIAH AKAN DI MUSNAHKAN ALLAH DI ATAS BUMI INI,,YAKINLAH, INGAT UMAT SYIAH DI KUTUK SETIAP HARI ASYURA MEREKA MENJADI GILA KARENA MELUKAI DIRI MEREKA SENDIRI, INILAH BUKTI HUKUMAN ALLAH ATAS MEREKA KARENA MEREKALAH YANG MEMBUNUH AHLUL BAYT. ALLAHUAKBAR
Ahlul Bayt

22. 15-01-2010 12:12

Abu hurairah oke.!!
Terus hajar.!!hajar terus.!!o ya syiah dtmpat saya itu gk mau jum'atan,kt mereka jum'atan gk wajib bener gk mr.shia.? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, jumatan g wajib itu kan kata mereka.
Gabriel

23. 28-01-2010 04:41

syiah sesat
mr.shiaa. u r great!!! 
 
aku dr malaysia, penah didakwah kawan baik sendiri yg syiah. bila dgr hujah nye trase jgk tergugat. tapi bila kaji n teliti n terbaca laman ini. aku menjadi makin jelas tentang agama islam sebenarnya. dan ternyata jelas bahawa syiah mmg satu aliran yang sesat lagi menyesatkan. tahniah mr.shiaa. terushan usahamu itu. moga Allah memberi hidayah kepada mereka yang syiah.
naga sulung

Display 23 of 23 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2018 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

izin share
Assalamu Alaikum... Mr.Shiaa yang di Muliakan saya minta izin untuk...
10/05/14 01:58 More...
By Abdi Dalem

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudahďan Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Lihat Gallery Syiah

Online

Saat ini ada 1 tamu online