Apakah Nabi Jadi Menulis Wasiat Hari Kamis? PDF Cetak E-mail
 

Kelanjutan kisah wasiat hari kamis, kisah yang selalu disalahgunakan untuk menghujat para sahabat. Apakah Nabi jadi menuliskan wasiatnya? Apa kata Ibnu Abbas yang meriwayatkan hadits itu?

Seseorang marah pada hakekat.com , dibilangnya hakekat.com telah berdusta, karena mengatakan bahwa Nabi tidak jadi menuliskan wasiatnya. 

Dengan segala kerendahan hati, hakekat.com mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh komentator.  Hakekat.com bukanlah maksum. MrShiaa adalah seorang biasa, bukanlah seorang superstar, apalagi imam yang bisa dibilang sebagai maksum. Bagi teman-teman syiah, yang maksum adalah para imam. MrShiaa bukanlah imam, maka otomatis bukan maksum.

MrShiaa adalah makhluk yang lemah dan hina di hadirat Allah, mengakui segala kesalahan dan dosa yang selalu melumuri dirinya. Jika tidak karena ampunan dan rahmat Allah, pasti MrShiaa akan jadi merugi.

Pada riwayat yang ada, kita menemukan bahwa pernyataan  Nabi tidak jadi menulis wasiat berasal dari Ibnu Abbas:


قال عبيد الله فكان بن عباس يقول إن الرزية كل الرزية ما حال بين رسول الله صلى الله عليه وسلم وبين أن يكتب لهم ذلك الكتاب من اختلافهم ولغطهم ). البخاري حديث رقم : 5345 كتاب المرضى / باب قول المريض قوموا عني

. قال عبيد الله فكان بن عباس يقول إن الرزية كل الرزية ما حال بين رسول الله صلى الله عليه وسلم وبين أن يكتب لهم ذلك الكتاب من اختلافهم ولغطهم ) . البخاري حديث رقم : 6932 كتاب الاعتصام بالكتاب والسنة / باب كراهية الاختلاف

قال عبيد الله فكان بن عباس يقول إن الرزية كل الرزية ما حال بين رسول الله صلى الله عليه وسلم وبين أن يكتب لهم ذلك الكتاب من اختلافهم ولغطهم ). رواه مسلم حديث رقم ( 1637) كتاب الوصية / باب ترك الوصية لمن ليس له شيء يوصى فيه .

Redaksi Ketiga riwayat di atas sama, terjemahannya:

Ubaidillah berkata: Ibnu Abbas mengatakan, benar-benar sebuah musibah, yaitu yang mengalangi Rasulullah dari menulis , karena pertentangan dan keributan mereka.

Dengan ini jelaslah bahwa Ibnu Abbas lah yang menyatakan bahwa Nabi urung menuliskan wasiatnya. Sebenarnya, yang dituduh berbohong bukanlah MrShiaa, tetapi sebenarnya yang dituduh berbohong adalah Ibnu Abbas.

Padahal Ibnu Abbas tak asing lagi bagi kita semua, beliau adalah salah satu keluarga Nabi yang diberi banyak sekali kemuliaan, Ibnu Abbas lah yang mendapatkan berkah do’a dari Nabi, didoakan agar memahami agama dan tafsir ayat Al Qur’an. Tapi bisa jadi si komentator, para guru dan teman-temannya, memiliki pandangan berbeda terhadap Ibnu Abbas.

Selanjutnya Orang itu menyatakan bahwa Nabi berwasiat tiga hal, tidak seperti kata hakekat.com yang dituduhnya “berbohong”. Barangkali kawan kita ini kurang teliti melihat riwayat, karena memang tidak melihat langsung ke shahih Bukhari dan Muslim. Dia hanya terpaku oleh sumber-sumber sekunder yang dianggapnya benar, padahal buku-buku itu kadang terang-terangan menipu pembaca.  Insya Allah kami akan memaparkan sedikit dari salah satu sumber sekunder yang terang-terangan menipu, pada tulisan-tulisan berikutnya, Insya Allah.

Jika kita merujuk kembali ke Shahih Bukhari, ternyata wasiat itu tidak diucapkan di hari kamis, tetapi sejenak sebelum Rasulullah kembali ke akherat.

. وأوصى عند موته بثلاث ( أخرجوا المشركين من جزيرة العرب وأجيزوا الوفد بنحو ما كنت أجيزهم ) . ونسيت الثالثة

Inilah yang barangkali tidak terbaca oleh kawan kita tadi. Meski cuma dua kata, tetapi tidak boleh terlewatkan karena mengandung fakta penting dan menentukan.


Dalam nukilan di atas, Ibnu Abbas juga menjelaskan mengapa Nabi tidak jadi menuliskan wasiatnya. Kita lihat lagi kutipan riwayat di atas. Yang menghalangi Nabi dari menulis tulisan (wasiat) itu, yaitu perselisihan dan keributan mereka. Demikian pernyataan Ibnu Abbas dalam tiga riwayat di atas.

Keributan dan perselisihan mereka, itulah yang menghalangi Nabi menuliskan wasiatnya, ini menurut Ibnu Abbas yang barangkali ada di tempat kejadian. Benar-benar musibah, kata Ibnu Abbas. Nabi ingin menuliskan wasiat tapi mereka malah ribut. Ribut di depan Nabi yang sedang sakit parah.Ini semua gara-gara mereka.

Siapakah “mereka” yang menghalangi Nabi menuliskan wasiat?





Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 6 of 6 comments

1. 26-01-2010 06:57

hm
hakekat hidayah adlh kemampuan menjalankan ilmu, bukan memperbanyak ilmu,, terlalu bnyk manusia yg berputar pada point yg tdk penting, yg penting itu kenali ALLAH, bersihkan hati. 
 
MrShiaa: 
terimakasih, bener itu, tapi kasihan umat jika tidak ada yang menjelaskan. membersihkan hati bukan dengan mencaci maki sahabat Nabi
yodi

2. 12-02-2010 15:28

Me
Orang kristen mengenali allah-nya, orang ahmadiyah mengenali allah-nya melalui caranya, orang jawa mengenali gusti allah dengan bakar kemenyan, apakah kita berdiam diri untuk menjelaskan yang haq. Ilmu syari' harus kita tegakan untuk menyelamatkan ummat ini, dari kesesatan yang nyata, bukankah Rosululloh saw mengucapkan ummati...ummati...umati... pada akhir hidup beliau saw ? salahkan kita melawan kebohongan untuk menegakkan kebenaran dan menjaga ummat sesuai yang dikhawatirkan Rosululloh saw ? Subahanalloh, janganlah kita terjebak pemikiran sempit asal menyembah ALLOH tanpa ilmu, yang akan menggiring kita kepada kesesatan yang yata seperti kaum musyrikin. Naudzubillah !!! Bukanlah mereka (kafirun) telah membaca kelemahan kita itu dengan dengan menyebarkan hadits palsu " pertentangan diantara ummatku adalah rahmat" sehingga kita diharapkan alergi untuk berselisih karena menyampaikan kebenaran dan membiarkan perbedaan itu seolah rahmat? coba direnungkan 
Mr. Shiaa, insya ALLOH antum mendapat kekuatan untuk terus menyebarkan kebenaran dengan berdasar ilmu. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, memang isu itu dihembuskan untuk melemahkan resistensi umat Islam terhadap kelompok sesat, yang menghujat Nabi dan sahabat. 
 
perbedaan adalah rahmat, mengapa syiah menghujat para sahabat yang berbeda dengan syiah?  
 
Me

3. 17-02-2010 05:32

Tegakan bendera SuNNI.!
Coba ntm kpn kupas kesesatan buku "muraja'at"(DIALOG SUNNI-SYIAH)soalnya buku itulah sumber malapetaka dan rujukan para Dai2 syiah dlm berdialog dgn kita..,sudah bnyk saudara2 saya yg tergelincir gra2 buku itu..dan semoga ALLAH melapankan Dada nt. 
 
MrShiaa: 
 
astaghfirullah............ hati saya seperti disayat mendengar permintaan antum..mata saya hampir berair.... 
 
Insya Allah segera ana lakukan!!!!
Muhammad Ghozaly

4. 07-03-2010 10:47

[email protected]
ana nasihati antm agar bertaqwa kepada Alloh swt dengan sebenar benarnya taqwa!!! Syi'ah dan ajarannya adalah pemahaman sesat dan menyesatkan Ummat Islam. janganlah kejahilan antm dan tmn2 antm menjadikan antm berani beraninya mencela para Sahabat Nabi saw yang mulia! ingatlah!!APAPUN YG ANTM YAKINI, AMALKAN, DAKWAHKAN, I'TIQOD, & SEMUA UPAYA2 ANTM AKAN DIJADIKAN DEBU OLEH ALLOH SWT NANTI DI HARI KIAMAT JIKA ANTM TIDAK BERTAUBAT ATAS KEBODOHAN ANTM (DIANTARANYA)MENCELA UMMUL MU'MININ DAN SEBAGIAN ATAU SELURUH SAHABAT RA!!!!!!
Ghuroba

5. 16-03-2010 22:26

Mantan Sunni yang menjadi Syiah
ALQURAN 2:240 
Mereka yang akan meninggal di antara kamu dan meninggalkan para istri; diwajibkan untuk membuat surat wasiat....... 
 
ALQURAN 2:180 
diwajibkan atas kamu; jika datang tanda2 maut; jika meninggalkan harta; untuk membuat surat wasiat.... 
 
SUNAN ABU DAWUD, Kitab Al Kharaj, Bab tentang Khumus & Fai'i no 2978 
 
Ali ibn Abu Tholib berkata: "Saya, Al Abbas, Fatimah, Zaid ibn Harithat mengunjungi Rasulullah dan kami berkata: 'Ya Rasulullah jika kamu akan khumus kepada kami seperti yang diterangkan di dalam AlQuran; maka bagilah (buatlah surat wasiat) sekarang supaya tidak terjadi perbedaan pendapat setelah kepergian kamu!" 
 
Rasulullah berkata: "Saya akan menugaskan Abu Bakr untuk membuatnya!" 
 
KETERANGAN 
 
Rasulullah telah memerintahkan Abu Bakr untuk membuat surat wasiat; sehingga harta yang akan ditinggalkan oleh Rasulullah dapat dibagikan kepada Ali, Al Abbas, Fatimah, Zaid ibn Harithah dan para istri istri Rasulullah; karena Ahlul Bait diharamkan dan dilarang untuk menerima Zakat dan/atau Shodaqoh
Haji Muhammad Abdullah

6. 16-03-2010 22:33

Bagian ke dua
ALQURAN 4:59 
Hai orang2 yang beriman; taatilah ALLAH dan taatilah Rasulullah.... 
 
Pada hari Kamis, para sahabat berkumpul di rumah Aisyah; karena Rasulullah sedang sakit menghadapi maut.  
 
Rasulullah menyadari bahwa Abu Bakr tidak melaksanakan tuganya; sehingga Abu Bakr tidak menulis surat wasiat untuk Rasulullah. Rasulullah meminta kertas dan pena; tetapi Umar ibn Khattab menolak dan mencegah para sahabat yang lain untuk memberikan kertas dan pena kepada Rasulullah. 
 
PERTANYAAN  
 
Kenapa Abu Bakr dan Umar ibn Khattab tidak mentaati Rasulullah? 
 
JAWABAN 
 
SHOHIH MUSLIM, Kitab keutamaan para sahabat; terutama keutamaan Ali ibn Abu Tholib. 
 
Rasulullah berkata: "Kedudukan Ali dengan saya sama dengan kedudukan Harun dengan Musa; kecuali tidak ada lagi nabi setelah saya!" 
 
Ketika Musa pergi atau wafat; maka Harun menggantikan Musa. Ketika Muhammad wafat; maka Ali wajib menggantikan Rasulullah; sesuai Hadith tersebut. 
 
Abu Bakr & Umar ibn Khattab tidak menghendaki Ali ibn Abu Tholib untuk menggantikan Rasulullah; sehingga Abu Bakr & Umar ibn Khattab berusah mencegah Rasulullah untuk membuat Surat Wasiat; sehingga Rasulullah tidak tertulis di dalam Surat Wasiat bahwa Ali ibn Abu Tholib sebagai pengganti Rasulullah. 
 
MrShiaa: 
 
Terima kasih anda mau kembali lagi untuk memeprlihatkan kebodohan anda di depan khalayak. 
 
pertanyaannya, dari mana anda tahu wasiat yang akan ditulis adalah wasiat untuk khilafah? 
 
Dari mana Abubakar dan Umar tahu semua itu? 
 
Apakah Nabi tidak jadi melakukan sebuah kewajiban hanya karena Umar bin Khattab? 
 
Apakah seorang Umar bin Khattab bisa membuat Nabi gentar lalu tidak jadi melakukan kewajibannya? 
 
orang seperti anda memang tidak layak menjadi sunni, malu punya pengikut seperti anda.
Haji Muhammad Abdullah

Display 6 of 6 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2014 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudahďan Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Mr.
saya jadi ingat ada lagu Qosidah yang sering tayang di televisi yang...
02/09/13 12:04 More...
By SOFWAN

Lihat Gallery Syiah