Home
Imam Maksum Memohon Ampun PDF Cetak E-mail
 

Benarkah imam syiah bertobat? Mengapa imam maksum –yang terbebas dari kesalahan- malah bertobat dan memohon ampunan?

Dan bertobatlah kalian semua pada Allah, wahai orang-orang beriman. kalian akan menjadi orang beruntung. Inilah isi ayat Al Qur’an, surat An Nur ayat 31.

Al Qur’an menyuruh kaum beriman untuk bertobat. Allah memerintahkan kita untuk mengakui kesalahan dan memohon ampunan. Mengakui kesalahan adalah pintu pertama menuju tobat. Jika kesalahan itu tidak ada, mengapa perlu memohon ampun? Maka sebelum memohon ampunan, kita perlu mengakui kesalahan.

Apakah mengakui kesalahan merupakan sebuah kehinaan? Yang benar adalah sebaliknya. Menolak untuk mengaku bersalah adalah kesombongan. Dalam Al Qur’an, figur yang menolak untuk mengakui kesalahan adalah Iblis, yang menolak perintah Allah dan membangkang, dan menolak mengakui kesalahannya. Sementara dalam kisah yang sama, Nabi Adam berdoa:

Wahai Rabb kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri, jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami akan menjadi golongan orang merugi.

Lihat surat Al A’raf ayat 23.

Begitu juga Nabi Yunus, beliau mengakui kesalahannya, mengakui dirinya termasuk golongan orang zhalim:

Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, aku termasuk golongan orang zhalim.

Lihat surat Al Anbiya’ ayat 87

Nabi Musa, orang yang diajak bicara oleh Allah, mendengar langsung kalamNya di alam dunia,juga mengakui kesalahannya:

Wahai Rabbku, aku telah menzhalimi diriku, ampunilah daku
Lihat surat Al Qashash ayat 16

Para Nabi, manusia-manusia mulia, tidak malu untuk merunduk di hadapan Allah, mengakui kezhaliman-kezhaliman yang mereka lakukan. Itulah sifat manusia-manusia mulia.
Namun syiah memiliki pendapat berbeda. Bagi mereka, imam syiah wajib untuk terhindar dari kesalahan.  Muhammad Ridha Al Muzhaffar mengatakan dalam Aqaidul Imamiyah hal 51:

Dan kami meyakini bahwa imam sama seperti Nabi, wajib terjaga (maksum) dari seluruh perbuatan buruk, yang nampak maupun yang tersembunyi di batin, juga wajib terhindar dari lalai, lupa dan kesalahan. Karena para imam adalah penjaga dan pengawal syareat. Kondisi mereka sama dengan kondisi para Nabi.

Bagi syiah, para imam lebih mulia dari para Nabi. Jika para Nabi pernah berbuat kezhaliman, para imam syiah tidak pernah melakukannya.

Apakah ini sesuai dengan kenyataan? Kitab syiah sendiri yang menjawab pertanyaan ini:

Dari Abu Bashir, dari Abu Ja’far, Muhammad bin Ali Al Baqir mengatakan : ayahku memukul budaknya sekali dengan cambuk, saat itu dia menyuruh si budak untuk melakukan sesuatu, dan budak itu lambat melakukannya. Budak itu menangis setelah dipukul, dan berkata : Allah, engkau menyuruhku untuk melakukan keperluanmu, lalu engkau memukulku? Muhammad Al Baqir berkata : lalu ayahku menangis, dan berkata, wahai anakku! Pergilah ke kubur Rasulullah SAWA, shalatlah dua rekaat, dan katakanlah : Ya Allah, ampunilah kesalahan Ali bin Husein. Ali bin Husien mengatakan: pergilah, engkau telah kumerdekakan. Aku bertanya : apakah memerdekaan budak bisa menjadi penebus dosa? Muhammad Al Baqir terdiam.
Lihat Wasa’il Syi’ah jilid 22 hal 401, Bab 30 Siapa Memukul Budaknya.
Biharul Anwar jilid 88 hal 182


Ali bin Husein memukul seorang budaknya, lalu membaca ayat : katakanlah pada orang-orang beriman, agar mereka mengampuni orang-orang yang tidak mengharapkan hari-hari Allah. Al Jatsiyah 14. Lalu meletakkan cambuk dari tangannya. Budak itu menangis, Ali bin Husein bertanya : mengapa engkau menangis? Jawabnya: saya adalah budakmu, yang mengharapkan hari-hari Allah. Ali berkata: engkau mengharapkan hari-hari Allah?  saya tidak suka memiliki budak yang mengharapkan hari-hari Allah, pergilah ke kubur Nabi SAW, dan katakanlah : Ya Allah, ampunilah kesalahan Ali bin Husein, dan engkau telah kumerdekakan, demi mengharap pahala Allah
Mustadrak Wasa’il, jilid 15 hal 427

Siapa yang benar? Imam Ali bin Husein atau syiah?

 





Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 3 of 3 comments

1. 07-01-2011 13:26

imam maksun memohom ampun
assalamualaikum,wbb  
maaf apakah mungkin seorang imam ali bin husein memukul/mencambuk seorang budak...? sementara beliau dikenal sebagai zainal abadin . 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, yang anda yakini tentang kemaksuman imam bertentangan dengan fakta yang ada dalam kitab syiah sendiri. 
berarti memang imam tidaklah maksum
ismara suhendar

2. 28-04-2011 21:28

pertanggungjawbkan fitnah2 kalian
kenapa sih kalian habis2an caci maki imam syiah, saya pernah buktikan tulisan dari kitab2 syiah mlah ga ada sama sekali, jangan tanggung copy aja sekalian dari kitab syiahnya supaya halaman dan lembarannya jelas. urusan maksum bukan syiah yang meligitimasi tapi apakah ga baca al-Ahzab 33? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, kami menyertakan rujukan lengkap, boleh tahu kitab syiah apa yang anda baca? al ahzab 33 itu untuk istri Nabi, bukan untuk 12 imam syiah.
usep

3. 10-06-2011 04:51

replying
kq mas usep ga bls lagi...
ya Alloh

Display 3 of 3 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2017 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

izin share
Assalamu Alaikum... Mr.Shiaa yang di Muliakan saya minta izin untuk...
10/05/14 01:58 More...
By Abdi Dalem

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudahďan Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Lihat Gallery Syiah

Online