Home
Imam Maksum Shalat Sambil Mabok? PDF Cetak E-mail
 

Ali bin Abu Thalib, imam syiah yang ditunjuk oleh Nabi SAWA untuk menggantikannya, ternyata shalat sambil mabok. Dia shalat setelah menenggak minuman (keras). Teladan yang tidak patut ditiru dari imam maksum.


Berikut ini adalah penerapan metodologi syiah terhadap imam syiah sendiri, yaitu Ali bin Abi Thalib.

Pada suatu hari, Ali bin Abi Thalib minum minuman (keras), lalu setelah mabok, tibalah waktu shalat. Ali pun menjadi imam. Namanya saja orang mabok, dia tidak sadar apa yang diucapkannya. Akhirnya Ali pun ngawur dalam membaca Al Qur’an. Surat apa yang dibacanya dengan ngawur? Ali membaca surat Al Kafirun.

Surat Al Kafirun adalah surat pendek yang disunnahkan untuk dibaca pada shalat-shalat sunnah, contohnya adalah shalat sunnah qabliyah fajar, yang dilakukan sebelum shalat subuh. Meski surat pendek, ayat-ayat surat al kafirun bunyinya mirip, jadi bisa jadi orang salah. Apakah mungkin orang salah dalam membaca surat pendek? bisa jadi. Orang yang baru jadi imam dan grogi, biasanya terbolak balik dalam membaca ayat. Dan kali ini, yang salah membaca ayat adalah sang imam maksum, Ali bin Abi Thalib. Imam yang konon tugasnya menjaga Al Qur’an.

Ali bin Abi Thalib berkata : Abdurrahman bin Auf menghidangkan makanan dan khamr untuk kami, lalu kami pun mabok, dan waktu shalat pun tiba, mereka menyuruhku untuk menjadi imam, aku membaca surat : Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun, Laa A’budu maa ta’budun, wa nahnu na’budu maa ta’budun…..

Ad Dur Al Mantsur jilid 2 hal 164-165, dari Abd bin Humaid dan Abu Dawud, Tirmidzi menyatakan shahih, Nasa’I, Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir, Ibnu Abi Hatim, An Nahhas, dishahihkan oleh Al Hakim, Hasyiah Raddul Muhtar jilid 4 hal 202, Nailul Authar jilid 9 hal 53, Muntakhab Musnad Abd bin Humaid hal 56, Sirah Al Halabiyah jilid 2 hal 725 (Darul Ma’rifah), Takhrij Ahadits wal Atsar jilid 1 hal 322, Tafsir Ibnu Abi Hatim jilid 3 hal 958, Lubabun Nuqul hal 63, Zadul Masir jilid 2 hal 128,  Tafsir Qurthubi, Sunan Tirmidzi, Aunul Ma’bud jilid 10 hal 77 , tafsir At Tsa’alibi jilid 2 hal 241, Fathul Qadir jilid 1 hal 472, Tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal 500 ( darul ma’rifah) tafsir Al Khazin jilid 1 hal 358. Lihat Kanzul Ummal jilid 2 hal 248.

Dari Ikrimah: .. , Ali membuat makanan dan minuman (keras), lalu mereka minum, lalu Ali menjadi imam shalat maghrib, dan membaca : qul yaa ayyuhal kaafiruun, hingga selesai, dan membaca : fa laisa lii diin, wa laisa lakum diin………

Durr Al Mantsur jilid 2 hal 165, dari Ibnul Mundzir, Fathul Qadir jilid 1 hal 472.
 
 ..lalu menghidangkan pada mereka berdua minuman (keras), lalu Ali menjadi imam shalat maghrib, dan membaca surat al kafirun, dan salah membaca..



Sunan Abu Dawud jilid 3 hal 225 (darul fikr), sunan al kubra,  Al Baihaqi, jilid 1 hal 389, Takhrij Ahadits wal Atsar jilid 1 hal 323, Kanzul Ummal jilid 2 hal 386, Tafsir Al Khazin jilid 2 hal 358.

Sekali lagi, ini adalah penerapan metodologi syiah dalam memandang sahabat Nabi.


Bagi kami, apa pun yang terjadi, Ali adalah sosok sahabat yang mulia lagi terhormat, wajib kita hormati dan kita junjung tinggi-tinggi. Setinggi-tingginya kita menjunjung Ali, posisinya tetap di bawah Allah dan RasulNya.


Terjemahan surat al Hasyr ayat 10.

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."


Pelajaran yang bisa diambil, kita harus memohon agar Allah mengampuni kesalahan orang-orang sebelum kita. Jika sahabat kita hujat karena kesalahan yang mereka lakukan, mestinya Ali pun tak luput dari hujatan kita.

Ataukah shalat sambil mabok bukanlah sebuah kesalahan?


Syiah akan menjawab dengan hadits-hadits kemuliaan Ali, hadits-hadits tentang kewajiban mencintai Ali. Mereka tidak sadar, bahwa hadits-hadits itu berasal dari kitab sunni. Artinya, ahlussunnah tidak perlu diajarkan untuk mencintai Ali bin Abi Thalib.

Sepertinya syiah tidak sadar, bahwa dalam khazanah hadits ahlussunnah terdapat banyak hadits shahih tentang keutamaan sahabat.Tapi hadits-hadits itu terlewatkan oleh syiah, tidak pernah terjamah.

Dalam literatur hadits syiah sendiri, tidak ada satu hadits Nabi yang shahih dan tersambung sanadnya, tentang keutamaan Ali bin Abi Thalib.

 





Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 16 of 16 comments

1. 03-08-2010 10:17

Al kafi
Saya saat ini sering berdebat dgn pengikut syiah di facebook tp saya tak punya bahan rujukan atau kitab syiah. 
Bisakah anda yg mengelola situs ini untuk membuatkan halaman khusus yg berisikan kitab al kafi? 
Terima kasih.
Coen

2. 06-08-2010 22:06

buku rujukan syiah
ya betul berdebat dengan mazhab syiah ahlul bait memang menyebalkan..mereka bilang Ali luar biasa sakti..tapi kenapa mati terbunuh ya..katanya mengetahui masa depan....ya Ali cuma manusia biasa....seolah2 posisi mereka terzhalimi oleh sunni....kita memerlukan kitab syiah yang komplit untuk menunjukan bahwa hal yang di perdebatkan memang benar2 ada dalam kitabnya 
 
MrShiaa: 
terimakasih, insya Allah kami pertimbangkan untuk memuat buku2 rujukan syiah di web kami.
hilman

3. 15-08-2010 14:56

s1
masa iya sich,murid rosul mabok!? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, 
 
itulah faktanya kawan. jika anda teruskan lagi pertanyaan anda, para sahabat pun juga murid rasul, jika syiah menghujat sahabat dan mengatakan bahwa murid rasul murtad, anda tanya lagi : masa iya sich, murid rasul murtad?
poedjie

4. 21-08-2010 03:02

Ayo bersatu
Umat islam itu satu. Jangan terjebak di antara pertikaian sunni ataupun syiah yang saling menjelek-jelekan tokoh-tokohnya. Aku tidak rela jika ada yang menjelek-jelekan Ali bin Abi Thalib dan aku sangat tidak rela jika ada yang menjelek-jelekan nabiku Muhammad SAW. Semoga umat islam diberkahi di bulan ramadhan ini. Amin. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih,  
 
ini bukan menjelekkan, tapi ini fakta. syiah marah ketika ali dihujat, tapi mereka suka menghujat sahabat lainnya.  
 
Bond

5. 26-08-2010 12:19

Mubahalah
di FB lagi seru diskusi anti syi'ah dan ikhwan syi'ah udah ucapkan mubahalahnya sementara kelompok yg anti syi'ah takut dan nggak berani mubahalah karena menganggap syi'ah sesat dan kafir 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya,  
 
anda tidak menyertakan link mana di facebook, dan anda hanya mengklaim saja. 
 
lebih baik anda menjawab argumen yang ada di makalah ini.
Abu Ammar

6. 01-09-2010 06:03

tukang fitnah
Sebenarnya...hakekat.com ini adalah situs penyebar fitnah...mungkin ini situs transformasi dari bani umayah yang dzalim..coba sebelum anda mencemooh imam ali..coba anda baca sejarah dengan benar..anda ini seperti antek2 nya bani umayah yang mengelar ribuan mimbar jum'at untuk mencaci imama ali..tidak kah anda malu berbuat seperti itu..tidak kah anda meneliti siapa sebenarnya yang mabok..tidak kah anda tau orang yang pertama masuk islam yang selalu mentaati nabi yang selalu dibimbing nabi,, mungkinkah sholat sambil mabok..apakah anda mau bilang bahwa umar itu lebih alim soal islam dari pada imam ali..atau anda sudah lupa bahwa ali itu mempunyai gelar karamallahu wajhu.. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, lebih baik anda membantah fakta yang saya kemukakan di atas, ini lebih nampak ilmiah daripada caci maki. 
 
saya bukan dari bani umayah, dan saya tidak ada hubungan dengan bani umayah, saya dari bani adam. 
 
azpro

7. 04-09-2010 08:39

tanpa rujukan berarti ngawur
gak punya kitab rujukan kok berani debat... berarti debatnya ngawur...!!! baca dulu tuh dialog sunnah syiah yang berisi dialog orang alim dari suni (syeikh al azhar ) dan ulama syiah masing2 menyampaikan hujahnya dengan ilmu tidak waton. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, apakah anda tidak melihat daftar rujukan yang saya tulis? 
 
rupanya anda membaca makalah ini sambil marah, atau anda tidak bisa menjawab argumen saya, lalu anda berkomentar ngawur. 
 
junaedi

8. 10-09-2010 05:22

F I T N A H
Dasar Nashibi Tukang Fitnah Tutul.... 
Hadist kayak gini dipercaya....
Haydar

9. 15-09-2010 14:36

.......
hahahahaha....Ngawur,hadist2/ kitab2 atau apapun namanya dr mana ini bos ( Ad Dur Al Mantsur jilid 2 hal 164-165, dari Abd bin Humaid dan Abu Dawud, Tirmidzi menyatakan shahih, Nasa’I, Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir, Ibnu Abi Hatim, An Nahhas, dishahihkan oleh Al Hakim, Hasyiah Raddul Muhtar jilid 4 hal 202, Nailul Authar jilid 9 hal 53, Muntakhab Musnad Abd bin Humaid hal 56, Sirah Al Halabiyah jilid 2 hal 725 (Darul Ma’rifah), Takhrij Ahadits wal Atsar jilid 1 hal 322, Tafsir Ibnu Abi Hatim jilid 3 hal 958, Lubabun Nuqul hal 63, Zadul Masir jilid 2 hal 128, Tafsir Qurthubi, Sunan Tirmidzi, Aunul Ma’bud jilid 10 hal 77 , tafsir At Tsa’alibi jilid 2 hal 241, Fathul Qadir jilid 1 hal 472, Tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal 500 ( darul ma’rifah) tafsir Al Khazin jilid 1 hal 358. Lihat Kanzul Ummal jilid 2 hal 248) sy bukan org syi'ah tapi liat kelakuan org sunni bgini,astagfirullah, ternyata jaman gini masih ada pengikutnya bani umayah,penebar kebencian,saran saya baca sejarah islam bos sangat kelam,atau kau mau ulangi lagi y? dasar mabok telaso,sundala kau... 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih komentarnya, 
 
ternyata ada juga syiah yang bisa melihat rujukan saya. rujukan saya kali ini sama seperti yang sering digunakan syiah untuk menghujat sahabat. ketika rujukan itu memberitakan tentang Ali, semua jadi berubah. artinya, rujukan itu sendiri tidak berfungsi sebagai rujukan, tetapi lebih berfungsi sebagai penguat, yang dipakai jika menguatkan pendapat yang sudah ada sebelumnya. 
 
dasar mabok telaso,sundala kau... 
 
diksi kata yang menampakkan kelemahan syiah menghadapi argumen.
Arief

10. 16-09-2010 12:07

amstrong
saya sudah baca yang telah menjadi rujukan anda, sama sekali tidak tercantum. Alhamdulillah saya terhidayahkan dengan tulisan anda. teman saya yang bermazhab syi'ah pernah bicara ttg sebahagian penganut mazhab sunniy suka menfitnah...tentang syi'ah, saya katakaan tidak mungkin, disaat saya membaca artikel di HAKEKAT.COM. barulah saya percaya, alhamdulillah Allah telah menghidayahkan saya melalui tulisan anda.trims 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih banyak,  
 
saya silahkan pembaca memeriksa sendiri tulisan saya, apakah memiliki referensi atau tidak. 
 
berarti anda tidak percaya Ali shalat sambil mabok? 
Karren Amstrong

11. 08-10-2010 00:52

Kebalik gan
Bukan untuk Imam Ali itu,tapi hadistnya itu untuk Muawiyah l*kn*tull*h *l*ihi 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih atas komentar anda. 
 
anda memberikan bukti bahwa benar syiah memcaci maki sahabat Nabi SAWW. 
 
sungguh kasihan sekali anda, apa urusan Muawiyah dengan anda? tapi malah anda melaknatnya. 
 
jika tidak melaknat, anda tidak rugi apa pun, tapi anda memang menantang laknat. semoga Allah melaknat anda. 
 
ini menunjukkan anda tidak hidup di alam nyata.  
 
atau jangan-jangan Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah adalah orang yang sama? 
 
wkwkwkwkwwkwkwkw
arif

12. 10-11-2010 08:28

Astagfirullah....
Ya Allah bukakanlah pintu hatinya dan ampunilah dia (penulis web ini). 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih doanya.
Ali Assagaf

13. 10-11-2010 08:46

Astagfirullah
Astagfirullah...ente bertobat deh jangan sampai ente mati ga bawa islam dalam dada.Nauzubillah min zalik. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih nasehatnya.
Ali Assagaf

14. 10-11-2010 22:56

salafy tulen
ana punya kawan wahabi tapi g sakit jiwa kayak nt, M shiaa bayaran nt dari saudi sebesar apa hingga jual kebenaran. dasar robot-robot (dol tai miyah). klo yg ngaku ulama`nya dungu apalagi penganutnya. Jujur ana sdh benar2 capek bicara logika & berdiskusi serius dgn kaum wahabi sbb otak mereka g jangkau(cingkrang). sekali2 ana meniru gaya diskusi kaum wahabi gpp kan bro....coba nt kenalkan imam nt siapa, dol & Tai miyah siapa ? fiqih nt yg mana biar jelas nt faham kan... 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, akhirnya pembaca tahu akhlak pengikut khomeini
****.******.com

15. 12-11-2010 00:11

Sportif
ass.tolong yang sportif kalau mau membuat tulisan,jangan dipilih2 untuk menayangkan comment...takut ya...ketahuan deh.. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, takut ketahuan apanya?
putri

16. 17-11-2010 15:43

google
Semoga Alloh membalas ganjaran yg besar bagi antum dalam pembelaan thd para sahabat. . dan semoga Alloh selalu melindungi antum Mr.shia 
Jelas sekali terlihat dangkalnya nalar dan ilmu para rafidhi dalam berdebat dan hanya lontaran caci maki.. memang demikianlah akhla ahlul ahwa.. 
Ana sangat suka dg link antum. . .  
Dan ana selalu menanti tulisan2 selanjutnya untuk emmbuka tabir agama syiah dan sesungguhnya agama syiah bukan Islam. .
Abu Muhammad Naufal Zaki

Display 16 of 16 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2018 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

izin share
Assalamu Alaikum... Mr.Shiaa yang di Muliakan saya minta izin untuk...
10/05/14 01:58 More...
By Abdi Dalem

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudah“an Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Lihat Gallery Syiah

Online

Saat ini ada 1 tamu online