Home
Benarkah Syiah Mengikuti Ahlulbait? PDF Cetak E-mail
 

Syiah selalu menukil hadits tsaqalain, demi menegaskan wajibnya mengikuti ahlulbait. Tapi apakah syiah konsekuen dengan ucapannya sendiri? Ini yang perlu kita teliti.

Mengikuti Al Qur’an adalah dengan mengikuti perintah yang ada di dalamnya, dan menjauhi larangannya. Itulah mengikuti. Begitu juga dengan mengikuti ahlulbait, dengan mengikuti perintah mereka, dan menjauhi apa yang mereka larang.  

Al Qur’an ada di depan kita, dapat kita baca setiap hari. Dengan mudah kita mengakses perintah dan larangan. Tetapi ahlulbait,  mereka telah pergi meninggalkan kita. 11 imam telah pergi menghadap Allah, sementara yang ke 12 malah pergi bersembunyi, meninggalkan tugasnya untuk menjaga syareat, meninggalkan fungsinya sebagai penerus Nabi Muhammad SAWW.  Bagaimana caranya mengakses perintah ahlulbait?

Kitab syiah memiliki kitab-kitab yang memuat riwayat dari para imam mereka. Dengan kitab-kitab itulah mereka bisa mengikuti ahlulbait.

Tentunya tidak semua riwayat bisa diterima begitu saja, tapi harus ada proses penelitian mengenai validitas perawi, apakah cacat atau valid. Dari situ bisa diketahui mana riwayat yang shahih maupun yang dhaif.

Jika sebuah riwayat dari seorang imam terbukti shahih, maka harus diikuti, karena riwayat itu memuat sabda imam yang maksum –menurut syiah-, imam yang terbebas dari salah dan lupa. Sabdanya memiliki kekuatan hukum yaitu wajib diikuti. Inilah inti hadits tsaqalain, yaitu perintah untuk mengikuti ahlulbait.
 
Tetapi apa yang terjadi?

Ketika sebuah riwayat shahih dari imam maksum menyelisihi pendapat ulama syiah, mereka mengambil pendapat ulama syiah dan meninggalkan riwayat dari imam maksum. Seolah-oleh yang maksum di sini adalah para ulama syiah, bukan 12 imam ahlulbait. Ahlulbait tidak lagi maksum ketika ada sabdanya yang menyelisihi ulama syiah.

Al Isytahardi menyatakan dalam Taqrirat Fi Ushulil Fiqh- Taqrir Bahts Al Burjuwardi, hal 296 :
Dari sini terkenal sebuah kaedah, bahwa ketika sebuah riwayat semakin shahih, maka derajatnya semakin dhaif dan meragukan ketika riwayat itu ditinggalkan oleh ulama kami, dan sebaliknya, ketika riwayat semakin dhaif tapi diamalkan oleh ulama kami, maka akan semakin kuat, seperti dalam masalah yang ditunjukkan…

Kesimpulannya, ucapan para imam ditentukan oleh sikap ulama syiah terhadap riwayat itu. Ketika sabda para imam menyelisihi keinginan ulama syiah, maka yang harus diikuti adalah keinginan ulama syiah, bukan lagi sabda imam ahlulbait. Apakah berarti ahlulbait sudah keluar dari tsaqalain yang harus diikuti, dan digantikan oleh ulama syiah?

Mirza Al Qummi dalam Ghana’imul Ayyam jilid 1 hal 414 menyatakan :

Riwayat-riwayat ini, ketika semakin banyak jumlah, sanad dan dilalahnya, ketika ditinggalkan oleh kebanyakan ulama kami, maka akan semakin bertambah dhaif (lemah), apalagi ketika para ulama malah mengamalkan hadits yang jumlahnya lebih sedikit, sanadnya dan dilalahnya lebih sedikit.

Sementara Sayyid Al Kalbaikani dalam Durr al Mandhud jilid 1 hal 330-331 mengatakan:

Tetapi pendapat yang dikenal dan digunakan oleh kebanyakan ulama, dan kami pun memegang pendapat itu, yaitu sebuah riwayat tidak lagi digunakan karena hal tadi, dan telah masyhur bahwa ketika hadits semakin shahih sanadnya, maka akan bertambah lemah karena tidak digunakan oleh kebanyakan ulama, semakin sebuah hadits lemah sanadnya, maka akan semakin kuat karena diamalkan oleh kebanyakan ulama

Dalam Kitab At Thaharah jilid 3 hal 597, Sayyid Al Khomeini menyatakan:
Mencegah kita untuk memaksakan pendapat karena terpesona oleh riwayat yang shahih lagi banyak, dalam konteks ini dikatakan: semakin riwayat itu banyak dan shahih, maka semakin lemah

Dalam Muntahal Ushul  jilid 2 hal 154, Hasan bin Ali Asghar Al Musawi Al Bajnawardi menyatakan:

Dan begitu juga, ketika ulama mengabaikan dan tidak mengamalkan riwayat, maka ini membuat dalil itu tidak lagi dijadikan hujjah, meski riwayat itu shahih, sampai ulama syiah mengatakan : semakin riwayat itu shahih, maka semakin lemah, inilah maksud ucapan para ulama: ketika ulama meninggalkan sebuah riwayat, itu membuat sanad riwayat itu tidak dipercaya, dan mematahkan riwayat itu, meski riwayat itu sanadnya kuat.

Begitu pula dalam Al Yanabi’ Al Fiqhiyyah jilid 35 hal 441, Ali Asghar Marwarid mengatakan :
Al Murtadha mengatakan : riwayat ini shahih, tetapi ketenaran itu sendiri adalah riwayat dan fatwa, bahkan ijma’ pun menentang riwayat itu.

Lalu apa lagi gunanya adalah penelitian hadits, jika hadits yang shahih bisa digugurkan oleh ulama?

Sebenarnya siapa yang menjadi panutan syiah? Imam maksum atau ulama syiah yang tidak maksum?

Apa gunanya imam maksum jika ucapannya dapat digugurkan oleh ulama-ulama syiah yang tidak maksum?

Syiah selalu berdalil dengan hadits tsaqalain, namun di saat yang sama syiah membuangnya jauh-jauh.





Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 9 of 9 comments

1. 05-10-2010 15:39

http://bit.ly/baREG9
Artikel yang menarik Mr. Shiaa. 
 
Jazakallahu Khoyr. 
 
================== 
 
To Syi'i, Ahlulbayt adalah milik kaum muslimin, bukan milikmu (Syi'ah Rafidhoh), karena kalian sejak jaman Kulayni telah banyak melakukan kedustaan-kedustaan terhadap Ahlulbayt yang tercantum di dalam Kitab-kitab induk berikut kitab 'ecek-ecek' kalian. 
 
Oooh, atau mungkin kalian tidak tahu? 
 
Mungkin beralasan jika tidak tahu, karena para Ayatullah berikut Importir (Ustadz) kalian memang menjauhkan kalian dari kitab-kitab induk kalian. 
 
Ingin bermain logika? 
 
Pikirkan, berapa banyak kitab-kitab Syi'ah di Indonesia yang telah berhasil di translasi ke dalam Bahasa Indonesia lalu kemudian di cetak oleh banyaknya jumlah penerbit kalian. Sekarang, hitung.... berapakah jumlah Kitab Induk (Kutub Arba'ah-Al Kaafy, Man la Yadhuruhul, Tahzib, Ibtibshor) berikut Biharul Anwar yang di translate ke dalam Bahasa Indonesia lalu di terbikan oleh para penerbit kalian. 
 
Apakah ada? 
 
Bukankah semua pokok Aqidah kalian bersumber dari sana (disamping Al Qur'an-padahal mereka meyakini adanya Tahrif, Fashlul Khittob)? 
 
Ada apakah gerangan? 
 
*Menggelitik sekali*
eM

2. 09-10-2010 06:10

Ali seperti Nabi SAW
kitab2 syiah banyak bolong2nya....gampang didebatnya...seandainya Imam Ali masih hidup pasti semua syiah akan dibunuhnya....Rasul tidak suka orang memujinya,menghormatnya seperti halnya Nasrani kepada Nabi Isa....Imam Ali pasti seperti Nabi SAW.....apalagi syiah sampai menuhankan Ali.....EEDDDDAAAAN
hilman

3. 02-11-2010 13:44

KEPALA SINGA
WOY MAN,,,,SY'AH ITU BYK GOLONGAN,SY'AH YG MANA SATU TUH YG MENUHANKAN ALI???? WAH ASAL NGOMONG AJA LUH... YG JELAS KLO OMONG! 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, tanya sama khomeini.
SYAHRUL

4. 04-11-2010 05:03

salafi
syiah tdk sebagaimana wahabi mengikuti, membuntuti dan mencelakakan ahlul bait....apa seh peran wahabi untuk islam ? di saudi yg wahabi kira2 ada pejuang atau makam pahlawan g ya....? yg ada cuman lomba maju2in perut & zenggot...wkwkwkkkkkkkkk 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, saya ingin bertanya juga, apa peran syiah dalam kemenangan umat islam? 
anda menuduh wahabi mencelakakan ahlulbait. apakah anda punya bukti? kami di sini bukan wahabi atau siapa, tapi hanya mengingatkan saja, karena saya yakin anda mengklaim diri anda berpikir waras dan bebas.  
apakah orang waras yang berpikir bebas mau menuduh tanpa bukti? 
parmen

5. 04-11-2010 05:07

wahabi pinter....
syiah kena TBC kata wahabi sang pengidap TBC itu sendiri............sebenarnya apa seh wahabi itu ? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, anda yang mengklaim diri berpikir waras dan bebas, sebaiknya merenungkan isi artikel ini. 
Tapi anda hanya bisa marah.
bakar abu

6. 05-11-2010 01:57

salafy tulen
MrShiaa:  
 
terimakasih, saya ingin bertanya juga, apa peran syiah dalam kemenangan umat islam?  
anda menuduh wahabi mencelakakan ahlulbait. apakah anda punya bukti? kami di sini bukan wahabi atau siapa, tapi hanya mengingatkan saja, karena saya yakin anda mengklaim diri anda berpikir waras dan bebas.  
apakah orang waras yang berpikir bebas mau menuduh tanpa bukti?  
 
apakah ada org yang masih mencari lampu penerang di siang bolong, klo ada apa jawaban anda ? lihat kelompok hizbullah libanon, siapa Sayid hasan Nasrullah ? mana ada saudi yg wahabi "berani berniat" menatap amerika & israel....? 
 
MrShiaa: 
 
anda menuduh tapi tanpa bukti. saya bertanya utara anda menjawab timur. apakah ini bukti kewarasan anda?
Abu thurob

7. 18-12-2010 06:57

...
saya masih ingat, waktu di arab, di perpustakaan masjid buku-buku tentang ALI bin ABI THALIB pazti disembunyikan (dihilangkan) 
 
MrShiaa: 
 
saya juga pernah ke arab, di perpustakaan ada buku yang memuat keutamaan Ali bin Abi Thalib. 
amama ali

8. 17-03-2011 07:53

mr
Apa peran wahabi terhadap pembebasan palestina?  
Pernah gak tuh tokoh wahabi mengutuk zionis? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, sepertinya anda tidak bisa menerima makalah di atas, lalu anda berkomentar tentang zionis 
 
bukankah lebih penting untuk meneliti mazhab anda semasa ada kesempatan dalam hidup?
damai

9. 19-03-2011 23:16

peran wahabi dipalestina.. hujat yahudi
Hujatan yg dilakukan syi'ah terhadap yahudi adalah sandiwara (taqiyyah=kedustaan), biar dilihat seolah2 pahlawan dan tidak mungkin mereka memerangi yahudi untuk meluruskan aqidah (untuk wilayah benar), dan syi'ah sangat menyadari bahwa mereka satu keturunan dgn yahudi hanya madzabnya yg berbeda, sama menghancurkan islam. lebih bahaya tentara iblis syi'ah ini karena mereka menghancurkan dari dalam islam itu sendiri. Sadarlah kaum muslin(ahlussunnah wal jama'ah) dengan siapa anda berhadapan.....Martirnya Abdullah bin Saba'.
Ali bin musleman

Display 9 of 9 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2017 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

izin share
Assalamu Alaikum... Mr.Shiaa yang di Muliakan saya minta izin untuk...
10/05/14 01:58 More...
By Abdi Dalem

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudahďan Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Lihat Gallery Syiah

Online